Implementasi Pendekatan Holistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MA Raudlatus Syabab Sukowono Jember

Authors

  • Nuzulus Sakinah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Ainur Rofiq Sofa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.61132/ikhlas.v2i2.741

Keywords:

Arabic Language Learning, Holistic Approach, MA Raudlatus Syabab, Sukowono

Abstract

This study analyzes the implementation of a holistic approach in Arabic language learning at MA Raudlatus Syabab Sukowono, Jember. The holistic approach emphasizes the integration of cognitive, affective, and psychomotor aspects to enhance students' overall Arabic language proficiency. This research employs a qualitative descriptive method with data collection techniques including observations, interviews, and documentation. The research subjects consist of Arabic language teachers, students, and educational staff involved in the learning process. Data analysis is conducted through data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The findings indicate that the holistic approach is implemented through project-based learning, group discussions, and the use of audiovisual media. Key supporting factors include the active role of teachers in guiding and motivating students, a conducive learning environment, and the availability of diverse learning media. However, challenges identified include limited instructional time and variations in student comprehension of the material taught. Despite these challenges, the holistic approach has proven effective in improving students' Arabic language proficiency when supported by appropriate teaching strategies that align with students' needs. This study recommends enhancing the role of teachers in the learning process, optimizing the use of learning resources, and developing adaptive strategies to maximize the effectiveness of Arabic language learning in the future.

References

Agustini, A., & Sofa, A. R. (2025). Mencintai karena Allah: Konsep dan aplikasinya dalam kehidupan sosial berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits serta implikasinya di kampus Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 35–41.

Arifin, M. Z., & Sofa, A. R. (2024). Ilmu sebagai kunci kesuksesan dunia dan akhirat menurut Al-Quran dan Hadist. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(4), 118–125.

Hanafi, H., & Sofa, A. R. (2024). Refleksitas iman dan ilmu serta apresiasinya berdasarkan studi Al-Qur’an dan Al-Hadits. Moral: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(4), 278–294.

Harifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Penguatan tradisi keislaman di Ma’had Putri Nurul Hasan MAN 2 Probolinggo: Implementasi pengajian kitab, amalan harian, dan ritual kolektif dalam pembentukan karakter santri. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 2(1), 218–239.

Hasanah, U., & Sofa, A. R. (2025). Peran Imam Al-Asy’ari dan Al-Maturidi dalam pengembangan pemikiran Aswaja di pendidikan Islam. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 123–135.

Helmi, M., & Sofa, A. R. (2025). Melahirkan generasi berkarakter unggul melalui transformasi sosial yang berbasis pendidikan, nilai, dan kolaborasi masyarakat di MTs Miftahul Khoir Alastengah Besuk. Reflection: Islamic Education Journal, 2(1), 186–199.

Ilahi, D. S. K., Zaini, F. M., Muhammad, B., Humaidi, H., Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Penilaian pembelajaran PAI berbasis Google Forms, Quizizz, dan Grade Scope: Strategi dan implementasi efektif di MA Zainul Hasan 1 Genggong. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 131–138.

Khofifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Upaya pemeliharaan kesehatan dan kebersihan di Pondok Puteri Pusat Pesantren Zainul Hasan Genggong berdasarkan ajaran Al-Qur’an dan Hadits. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 164–191.

Mardiyah, F., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan ilmu dalam perspektif Islam: Transformasi spiritualitas dan kontribusi sosial bagi kaum Muslim dalam kitab Mahfudzot Fadhoilul Iman. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 4(1), 55–66.

Muqorrobin, M. R. H., & Sofa, A. R. (2025). Peran pendidikan Islam dalam pengembangan karakter keluarga: Strategi pembinaan iman, ibadah, dan akhlak di era globalisasi dan digitalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 303–317.

Qomariyah, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi nilai-nilai kesejahteraan sosial berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits: Studi kasus di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 6(1), 223–238.

Rachmawati, D. A., Sofa, A. R., & Sugianto, M. (2025). Peran ilmu pengetahuan dalam mewujudkan kehidupan mulia: Perspektif Islam, pemikiran Ibnu Qayyim dan Al-Ghazali, serta implikasinya dalam kehidupan dunia dan akhirat. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 224–236.

Ramadhani, L., & Sofa, A. R. (2025). Pembelajaran bahasa Arab berbasis Al-Qur’an di Mushollah Zubhatul Hasan: Analisis metode dan penerapannya. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 3(1), 382–400.

Romli, M., & Sofa, A. R. (2025). Integrasi Al-Qur’an dan Al-Hadits dalam pengembangan pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah Thoiyyib Hasyim Jorongan Leces Probolinggo: Tantangan dan peluang dalam menyongsong era digital dan globalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 127–139.

Sofa, A. R. (2024). Ibtikarat fi ta’lum al-lugha al-‘Arabiyya min khilal al-dhaka’ al-istina’i: Istratijiyat fa’ala litahsin itqan al-lugha al-‘Arabiyya fi al-Jami’a Al-Islamiyah Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 5(4), 741–757.

Sofa, A. R., & Sugianto, M. (2024). Variasi keragaman linguistik bahasa Arab di negara Arab dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(1), 517–542.

Sofa, A. R., Anam, K., Ramadhani, K., Hasan, M., Amin, M. H. S., & Helmi, M. (2025). Pengembangan penilaian pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Turnitin, Scribo AI, dan ChatGPT di Pesantren Raudlatul Hasaniyah: Implementasi dan strategi pada siswa Madrasah Aliyah. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 775–781.

Sofa, A. R., Mundir, H., & Ubaidillah, H. (2024). Learning Islamic religious education based on spiritual and emotional intelligence to build the morals of Zainul Hasan Genggong Islamic University students. International Journal of Educational Narratives, 2(1), 42–47.

Sofa, A. R., Mundir, M., Ubaidillah, U., & others. (2024). Integrasi pendidikan agama Islam: Kecerdasan spiritual dan emosional melalui kitab Mahfudzot untuk menumbuhkan akhlak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 13(02).

Sudaryanto, M. U., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi pembelajaran tajwid sebagai sarana tadabbur Al-Qur’an di SD Negeri III Kalianan Krucil Probolinggo: Strategi, tantangan, dan dampaknya terhadap pemahaman keislaman siswa. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 57–68.

Syakdiyah, H., Sofa, A. R., & Sugianto, M. (2025). Keutamaan ilmu sebagai fondasi dalam membangun peradaban Islam di era modern: Perspektif nilai dan relevansi kontemporer. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 4(1), 43–54.

Warda, H. A., & Sofa, A. R. (2025). Menanamkan karakter ikhlas sejak usia dini: Pembentukan keikhlasan pada anak PAUD KB Hidayatullah Gading Kulon Banyuanyar Probolinggo sebagai landasan kebaikan. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 6(1), 144–156.

Widayanti, U. (2025). Optimalisasi pembelajaran maharatul qiroah di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Probolinggo: Tantangan dan solusi dalam meningkatkan kualitas kefasihan bahasa Arab. Faidatuna, 6(1), 48–68.

Yunus, M., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits Nabi dalam kehidupan peserta didik di MTS. Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 209–225.

Zahra, A. M., & Sofa, A. R. (2024). Implementasi pembiasaan shalat Dhuha dan shalat Dhuhur secara berjamaa’ah dalam membentuk karakter disiplin di MI Tarbiyatul Islam Kraksaan. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(4), 231–239.

Downloads

Published

2025-03-24

How to Cite

Nuzulus Sakinah, & Ainur Rofiq Sofa. (2025). Implementasi Pendekatan Holistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MA Raudlatus Syabab Sukowono Jember. Ikhlas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 198–212. https://doi.org/10.61132/ikhlas.v2i2.741

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.