Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Setingkat Sekolah Menengaah Atas

Authors

  • Nur Nabila Ilma Nafisa Universitas Sunan Giri Surabaya
  • Didit Darmawan Universitas Sunan Giri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61132/karakter.v2i2.616

Keywords:

Competence, Personality, Character

Abstract

This study aims to analyze the influence of teachers' personality competencies on the formation of students' character in Senior High School (SMA). Teachers' personality competencies, such as discipline, responsibility, empathy, and example, play an important role in the character education process in schools. Teachers with positive personalities are able to create a conducive learning environment and provide good examples of behavior for students, thus helping the formation of strong and moral student character. Through social interaction in the school environment, students can develop positive attitudes, such as a sense of responsibility, hard work, honesty, and independence, which are essential for community life. This research is included in a qualitative research with a literature study approach to explore the influence of personality competence on character formation. The results of the study show that the teacher's personality competence has a significant influence on the development of students' character. The conclusion of this study is that teacher personality competence is one of the key factors in character education in high school.

References

Anam, M. S. (2019). Pengaruh Presepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru PAI terhadap Karakter Disiplin Siswa di SMAN 1 Tanjunganom. Skripsi, IAIN Kediri.

Andayani, D., & Darmawan, D. (2004). Pembelajaran dan Pengajaran. IntiPresindo Pustaka, Bandung.

Aufin, M. (2017). Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter di Lingkungan Pendidikan Tinggi untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa. Seminar Nasional Ilmu Terapan, 1(1), C08-1.

Dena, S., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Budaya Sekolah, Hasil Belajar PAI, dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri 4 Surabaya. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(6), 3333-3349.

Irianti, I., & Tahir, I. (2022). Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMA Somba Opu. Jurnal Kependidikan Media, 11(2), 75-81.

Juliani, D., & Irma, A. (2023). Pentingnya Kompetensi Kepribadian Guru untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1-16.

Karina, A., Baskoro, T., & Darmawan, D. (2012). Pengantar Psikologi. Addar Press, Yogyakarta.

Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Grasindo, Jakarta.

Kunandar. (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia, Jakarta.

Kurniawan, Y., Arifin, S., Putra, A. R., Darmawan, D., Hariani, M., Mardikaningsih, R., & Irfan, M. (2020). Peranan Motivasi Guru dan Pelatihan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Guru. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 34–42.

Latif, A., & Mahmudah, R. (2023). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Sosiologi terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Madrasah Aliyah Swasta di Kecamatan Sakra Timur. Journal Governance and Politics (JGP), 3(1), 157-166.

Lickona, T. (1992). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books, New York.

Masnawati, E., & Hariani, M. (2023). Teacher Example and its Impact on Students’ Social Behavior. Studi Ilmu Sosial Indonesia, 3(1), 31-48.

Masnawati, E., Darmawan, D., & Masfufah, M. (2023). Peran Ekstrakurikuler dalam Membentuk Karakter Siswa. PPIMAN: Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 305–318.

Mu’in, F. (2019). Pendidikan Karakter : Konstruksi Teoritik dan Praktik. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Munawaroh, I. (2019). Modul 1: Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Kemendikbud, Jakarta.

Rafiuddin, A., El-Yunusi, M. Y. M., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial Siswa Dengan Guru, Teman Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa MA Miftahut Thullab Sampang. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 23(2), 146–167.

Ramlah, R. (2020). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 4 Barru. Skripsi, IAIN Parepare.

Ridwan, M., Suhar, M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51.

Rosita, N. (2023). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SMAN 6 Kota Tangerang. Skripsi, STAI Asy-Syukriyyah Tangerang.

Sagala, S. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Alfabeta, Bandung.

Salsabilla, A., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa Setingkat Sekolah Menengah Atas. YASIN: Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 4(6), 1246-1265.

Samani, M., & Hariyanto, H. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sitorus, G. A., Pasaribu, G., Simajuntak, W., Simamora, T., & Nababan, D. (2024). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Karakter Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2024/2025. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(4), 4689-4705.

Tampubolon, D. S. (2022). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PPKn terhadap Pembentukan Karakter Sosial Siswa di SMA Negeri 14 Medan. Skripsi, Universitas Negeri Medan.

Tampubolon, L. K., Simbolon, E. T., & Simorangkir, N. (2024). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAK terhadap Karakter Siswa Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Laguboti Kabupaten Toba Tahun Pembelajaran 2023/2024. Tri Tunggal: Jurnal Pendidikan Kristen dan Katolik, 2(2), 48-63.

Torangan, M., Hasibuddin, H., & Shamad, I. (2023). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Karakter Siswa di SMA Negeri 2 Kotamobagu Sulawesi Utara. Journal of Gurutta Education, 2(1), 133-146.

Tugiono, T. (2020). Implementasi Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Kepribadian Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 215-222.

Wanti, M. W., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Karakter Siswa Setingkat Sekolah Menengah Pertama. Islamentary: Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 52-67.

Ximenes, H. D. C., Naen, B., Erom, K., & Manafe, A. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Kepala Sekolah Budaya Sekolah, dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Karakter Peserta Didik SMAK Sint Carolus Kupang dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Mediasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 3163-3180.

Yamin, M., & Maisah, M. (2012). Orientasi Baru Ilmu Pendidikan. Referensi, Jakarta.

Downloads

Published

2025-01-07

How to Cite

Nur Nabila Ilma Nafisa, & Didit Darmawan. (2025). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Setingkat Sekolah Menengaah Atas. Karakter : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 307–321. https://doi.org/10.61132/karakter.v2i2.616