Pengaruh Mentor dalam Mengurangi Loneliness pada Mahasiswa Angkatan 2023 di Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta Yang Tinggal di Asrama

Authors

  • Priska Oktaviani Zai Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61132/pengharapan.v2i1.728

Keywords:

Dormitory, Loneliness, Mentor

Abstract

This study aims to determine how big the relationship between the influence of mentors in reducing loneliness for students living in the dormitory of the Jakarta Ecumenical Theological College. This study uses quantitative research methodology and uses a survey research design. This study has a population of 110 people with a sample size of 84 people consisting of students living in dormitories. This study uses the Isaac and Michael table with a 5% error rate. In this study, researchers collected data by distributing questionnaires in the form of questionnaires and this data was analyzed using computer programs, namely Ms. Excel and SPSS 20.0 for windows. Based on the results of the hypothesis test that the researcher has conducted, this study shows that there is a significant relationship between the influence of loneliness in reducing loneliness experienced by students living in dormitories with the results of the linear regression test of 55.2% with an r square of 0.552. This can indicate that there is an influence of mentors in reducing loneliness in students of the Jakarta Ecumenical Theological College who live in dormitories.

References

Af, V. W. (2022). Studi pola penyesuaian diri mahasiswa rantau luar Pulau Jawa di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (perspektif teori integratif adaptasi antar budaya Kim Young Yun).

Affandi, H. (2017). Tanggung jawab negara dalam pemenuhan hak atas pendidikan menurut Undang-undang Dasar Tahun 1945. Jurnal Hukum Positum, 1(2), 218. https://doi.org/10.35706/positum.v1i2.848

Aisah, S. (2019). Peranan mentor bina pribadi Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa kelas VIII SMP IT Bina Insani Metro tahun pelajaran 2018/2019.

Ananingsih, A. U. (2016). Peranan mentor character building training (CBT) dalam membentuk karakter mahasiswa UIN Alauddin Makassar.

Anwar, Z., Ikawati, H. D., & Syarifah. (2018). Mentoring sebagai suatu inovasi dalam pengingkatan kinerja. https://dpi.org/10.31539/joeai.vlil.2019

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Budiarto, P. H., Setiawan, D. E., Ndruru, S. A., & Zalukhu, L. (2021). Cinta rumah Tuhan: Mentoring bagi warga gereja milenial agar terlibat dalam peribadatan. ILLUMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 4(1), 11–22. https://doi.org/10.54024/illuminate.v4i1.104

Fatkhurrohman, A. Y. (2020). Hubungan antara kesepian dengan perilaku cyberbullying pada remaja. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Gunawan, W. (2018). Pastoral konseling: Deskripsi umum dalam teori dan praktik. Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.37368/ja.v2i1.63

Halim, C. F., & Dariyo, A. (2016). Hubungan psychological well-being dengan loneliness pada mahasiswa yang merantau.

Jangan takut hidup suci – Rehobot Church. (2021, Agustus 20). https://rehobot.org/jangan-takut-hidup-suci/

Koswanto, A. (2020). Mengolah dan menganalisis data dengan SPSS.

Kurnia, S. (2022). Proses adaptasi mahasiswa rantau terhadap budaya baru dalam lingkungan sosial kampus.

Kusnadi, J. (2014). Mentoring budaya organisasi oleh manajer keperawatan.

Meianisa, K., & Rositawati, S. (2023). Pengaruh social support terhadap loneliness pada mahasiswa rantau di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(1). https://doi.org/10.29313/bcsps.v3i1.6698

Monitaria, A. M., & Baskoro, E. (2021). Pengaruh harga, pelayanan dan promosi online terhadap keputusan pembelian pada Rumah Makan Gubuk Tiwul.

Muslimah, N., Amin, B., & Bunawardi, R. S. (2020). Kajian desain interior kamar tidur asrama mahasiswi Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Gowa. TIMPALAJA: Architecture Student Journals, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.24252/timpalaja.v2i1a5

Muttaqin, V. Andalia, & Hidayati, I. A. (2022). Pengalaman kesepian pada mahasiswa rantau selama pandemi COVID-19. http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v11i4

Muzni, A. I., & Nurlaila, S. (2018). Studi komparasi pengaturan diri dalam belajar mahasiswa di perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta.

Ningsih, E. (2021). Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Panuntun, D. F., Halim, M., & Putret, S. (2023). Pastoral konseling sebagai penggembalaan untuk menuju gereja yang bertumbuh, 3(4).

Perdana, N. S., Suwandi, Zamjani, I., Hendrik, H., & Biantoro, S. (2018). Pengelolaan sekolah berasrama.

Permata, S. (2013). Pola komunikasi jarak jauh antara orangtua dengan anak (studi pada mahasiswa FISIP angkatan 2009 yang berasal dari luar daerah).

Prasetio, C. E., Rahman, T. A., & Triwahyuni, A. (2019). Gangguan mental emosional dan kesepian pada mahasiswa baru. Mediapsi, 5(2), 97–107. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2019.005.02.4

Rifaid, R. (2023). Penerapan kegiatan mentoring untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang dan menggunakan media pembelajaran di SMPN 2 Bolo tahun pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.53299/jppi.v3i1.289

Sabdono, E. (2024, Maret 3). Karpet kesucian.

Septyani, L., & Ningsih, R. (t.t.). Studi kasus perilaku narsistik di Instagram terhadap rasa kesepian siswa SMK Negeri 2 Kediri.

Sihotang, H. (2023). Metode penelitian kuantitatif.

STTEKUMENE.AC.ID. (2019). https://sttekumene.ac.id/tentang-kami/

Suhartanti, I. (2017). Metode pembelajaran klinik berbasis mentorship terhadap motivasi dan pencapaian kompetensi mahasiswa dalam praktik klinik keperawatan STSU medikal bedah di RSUD Sidoarjo.

Tatilu, F. O., & Susanti, A. (2021). Metode mentoring Paulus dalam pelayanan pemuridan menurut 2 Timotius 2:1-13, 1(2).

Wicaksana, & Rachman. (2018). Bab 2.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Priska Oktaviani Zai. (2025). Pengaruh Mentor dalam Mengurangi Loneliness pada Mahasiswa Angkatan 2023 di Sekolah Tinggi Teologi Ekumene Jakarta Yang Tinggal di Asrama. Pengharapan : Jurnal Pendidikan Dan Pemuridan Kristen Dan Katolik, 2(1), 84–105. https://doi.org/10.61132/pengharapan.v2i1.728