Peran Konseling Pastoral dalam Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus di Rumah Pengharapan Baru Bandung Barat
DOI:
https://doi.org/10.61132/sabar.v2i3.1019Keywords:
Pastoral Counseling, Independence of children with special needs, at Rumah Pengharapan West BandungAbstract
This study aims to explore the Role of Pastoral Counseling in the Independence of Children with Special Needs at Rumah Pengharapan Baru (RPB) West Bandung. Qualitative methods were used to collect data through in-depth interviews, participant observation, and document analysis, involving pastoral counselors, Rumah Pengharapan Baru staff, and children with special needs. The results of the study indicate that pastoral counseling plays a significant role in increasing the independence of children with special needs, covering emotional, spiritual, and social aspects that support the development of independent living skills. Pastoral counselors function as companions and facilitators who help children understand and accept their condition, build self-confidence, and motivate them to achieve their maximum potential. A holistic and personal counseling approach and ongoing support from the Rumah Pengharapan Baru environment are effective in strengthening the independence of these children. This study concludes that children with special needs need intensive assistance and holistic care. Pastoral counseling plays an important role in providing emotional and spiritual support, helping them overcome anxiety and low self-esteem. Professional counselors who are caring and compassionate are the foundation of this ministry, ensuring that the emotional, psychological, and spiritual needs of children are met in a balanced manner.
References
Aisyah Layyinah, & Dian Rahmawat. (2023). Pengertian anak berkebutuhan khusus dan klasifikasi anak berkebutuhan khusus.
Anugerah Ayu Sendari. (2023). Manfaat konsultasi psikologi untuk kesehatan mental.
Andhy Surya Hapsara. (n.d.). Membangun karakter mandiri pada anak berkebutuhan khusus melalui strategi Scrum di Negara Totochan.
Artika, M. Y. (2020). Peran rohaniwan sebagai konselor dalam pemberian layanan konseling pastoral.
Bella, A. (2023, 27 Juni). Inferiority complex: Saat seseorang merasa rendah diri terus-menerus.
Brek, Y. (2022). Konseling Pak Soleh sebagai kebutuhan pendamping bagi orang tua usia lanjut.
Brek, Y., & Waluyo, C. L. H. (2022). Konseling personal sebagai kebutuhan pendampingan orang tua usia lanjut.
Darmawati, I., & Indriawati, R. (n.d.). Peningkatan kemandirian anak berkebutuhan khusus di Panti Asuhan Binasiwi, Bantul. https://doi.org/10.18196/ppm.39.112
Dayana, R. F., & Bunyamin. (2021). Pola komunikasi interpersonal dalam membentuk kemandirian anak berkebutuhan khusus. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 2(2), 123–135. https://doi.org/10.53429/j-kis.v2i2.333
Dermawan, O. (2018). Strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus di SLB. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206
Esther Rela Intarti. (2018). Peran firman Allah dalam pelayanan konseling pastoral yang holistik.
Fikriansyah, I. (2023). Konseling adalah: Pengertian, fungsi, dan tahapannya. Detikedu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6998338/konseling-adalah-pengertian-fungsi-dan-tahapannya
Haryanto, E., & Yuliyanti, D. (2020). Pola asuh orang tua pada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Cinta Asih Soreang, Kabupaten Bandung.
Herman, D., & Ramdhani, M. R. (2022). Meningkatkan kemandirian anak berkebutuhan khusus melalui program home visit. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i1.5289
Humas. (2017). Inilah materi Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter. https://setkab.go.id/inilah-materi-perpres-no-87-tahun-2017-tentang-penguatan-pendidikan-karakter/
Ignatia Esti Sumarah. (2010). Tahap-tahap pelayanan konseling pastoral.
Intarti, Pdt. Dra. E. R., M.Th. (2016). Buku pengantar konseling pastoral.
Kalea. (2022). Why is counseling important for your mental health. Mountain View Health Services. https://mtvhs.org/why-is-counseling-important-for-your-mental-health/
Kartika, Y. E., Nurhidayah, I., & Hendrawati. (2020). Dukungan keluarga dalam kemandirian perawatan diri anak retardasi mental ringan di SLB-C YKB, Garut. Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana (JKSP), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.32524/jksp.v3i2.86
Kolo, A., & Mauk, S. S. (2023). Kurikuler Pramuka: Suatu media internalisasi nilai-nilai moral kemandirian peserta didik (Studi deskriptif SMA Negeri Bikum Utara).
Madyawati, L. (2020). Implementasi pendidikan inklusi pada anak usia dini: Studi pada PAUD inklusi di Kabupaten Kebumen.
Madeson, M. (2021). The importance of counseling: 14 proven benefits of therapy. PositivePsychology.com. https://positivepsychology.com/why-counseling-is-important/
Mulyadi, S. M. (2015). Pembelajaran individual dan perkembangan pendidikan (hlm. 58).
Mumpuniati, M. (2016). Pembentukan karakter kemandirian bagi penyandang disabilitas dalam kapasitas maka kemanusiaan. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 4(1), 59. https://doi.org/10.21831/jppfa.v4i1.12114
Panjaitan, S. R. (2023). Pendidikan informal bagi anak berkebutuhan khusus (hlm. 3–4).
Pasundan, B. F. (2020, November 2024). Hak memperoleh pendidikan khusus untuk anak berkebutuhan khusus (hlm. 2).
Rika Sa’diyah. (2017). Pentingnya melatih kemandirian anak. Vol. XVI.
Santoso, S. I. (2021). Peranan konseling pastoral dalam gereja bagi pemulihan kesehatan rohani jemaat.
Sefriyanti, S., & Putro, K. Z. (2022). Analisis hambatan perkembangan motorik pada anak berkebutuhan khusus (kajian pada perspektif psikologi dan neurologi). PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.35719/preschool.v3i2.34
Setiawan, I. K. A., S.Ked. (n.d.). Retardasi mental ringan dengan episode psikosis: Sebuah laporan kasus.
Widhiati, R. S. A., Malihah, E., & Sardin, S. (2022). Dukungan sosial dan strategi menghadapi stigma negatif anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan. Jurnal Paedagogy, 9(4), 846. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5612
Yohan Brek, & Christine Lois Hadi Waluyo. (2022). Konseling personal sebagai kebutuhan pendampingan orang tua usia lanjut.
Yuvira Sahara, & Wichy Fadillah Putr. (2021). Proses konseling populasi khusus terhadap anak berkebutuhan khusus (ABK).