Pendidikan Teologi Ahlus Sunnah Wal Jamaah: Konsep, Klasifikasi, dan Implementasi dalam Kehidupan Muslim
DOI:
https://doi.org/10.61132/ikhlas.v2i2.736Keywords:
Theology Education, Ahlus Sunnah Wal Jamaah, Sifat 20, Literature Review, Creed ImplementationAbstract
This study examines the education of Ahlus Sunnah Wal Jamaah theology, focusing on its concept, classification, and implementation in Muslim life. Using a literature review method, this research explores primary Islamic sources, such as classical theological books, along with modern academic references that explain the 20 Attributes (Sifat 20) in Ahlus Sunnah Wal Jamaah doctrine. The analysis is conducted descriptively and critically to understand how this theology is taught and applied in various aspects of life. The findings reveal that theological education plays a crucial role in shaping Muslim beliefs and character while maintaining relevance in the Islamic education system. This study also recommends more effective teaching strategies for comprehending and internalizing Ahlus Sunnah Wal Jamaah theology.References
Amelia, V. E., & Sofa, A. R. (2025). Strategi Pembelajaran dalam Membaca Teks Arab di Madrasah Diniyah Darul Lughah Wal Karomah Putra untuk kemampuan literasi Arab. AL-MUSTAQBAL: Jurnal Agama Islam, 2(1), 202–214.
Arifin, M. Z., & Sofa, A. R. (2025). Pengaruh Shalat Lima Waktu terhadap Disiplin dan Kualitas Hidup. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(1), 70–78.
Firdausiyah, J., & Sofa, A. R. (2025). Relevansi Al-Qur’an dan Hadits Dalam Pembentukan Nilai Sosial, Etika Politik, dan Pengambilan Keputusan di Era Kontemporer: Kajian Terhadap Pengaruhnya Dalam Kehidupan Sosial, Kebijakan Publik, Demokrasi, Kepemimpinan, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, dan Teknologi. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 102–131.
Habibah, W., Sofa, A. R., Aziz, A., Bukhori, I., & Islam, M. H. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam Pendidikan untuk Membangun Tanggung Jawab Konservasi Alam di Madrasah Ibtidaiyah Ihyaul Islam Pakuniran. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 36–52.
Hanafi, H., & Sofa, A. R. (2024). Refleksitas Iman dan Ilmu Serta Apresiasinya Berdasarkan Studi Al-Qur’an dan Al-Hadits. Moral: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(4), 278–294.
Harifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Penguatan Tradisi Keislaman di Ma’had Putri Nurul Hasan MAN 2 Probolinggo: Implementasi Pengajian Kitab, Amalan Harian, dan Ritual Kolektif dalam Pembentukan Karakter Santri. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 2(1), 218–239.
Hasan, M., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Konsep Islam Rahmatan lil’Alamin dalam Pendidikan Karakter di SDN Seneng 1 Krucil Probolinggo. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 253–271.
Ilahi, D. S. K., & Sofa, A. R. (2025). Digitalisasi Konsep Mawaddah Wa Rahmah dalam Al-Qur’an dan Hadist: Strategi Psikologi Keluarga untuk Membangun Keharmonisan Rumah Tangga di Desa Bucor Wetan Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 180–200.
Ilahi, D. S. K., Zaini, F. M., Muhammad, B., Humaidi, H., Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Penilaian Pembelajaran PAI Berbasis Google Forms, Quizizz, dan Grade Scope:: Strategi dan Implementasi Efektif di MA Zainul Hasan 1 Genggong. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 131–138.
Kewarganegaraan, J., Sofa, A. R., Islam, U., Hasan, Z., Probolinggo, K., & Timur, P. J. (2022). نوروك سرويرف ةحئاج في اه ه جاوت تيلا ن وقنق نسلحا نيز ةيجذومنلا ةساردلما في نيوتركللإا ميلعتل ل ةيساردلا جهنلما قيبطت. 6(2), 3715–3734.
Khofifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Upaya Pemeliharaan Kesehatan dan Kebersihan di Pondok Puteri Pusat Pesantren Zainul Hasan Genggong Berdasarkan Ajaran Al-Qur’an dan Hadits. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 164–191.
Muarrifah, S., & Sofa, A. R. (2024). Pendekatan Tematik Qur’an dan Hadits sebagai Landasan Pembinaan Akhlak Sehari-Hari di MA Al Husna Dawuhan Krejengan Probolinggo. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(6), 255–274.
Muhammad, B., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Islam dan Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits: Studi di SMA Syekh Abdul Qodir Al Jailani Rangkang Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 76–91.
Mun’im, M. Z., Ni’mah, M., & Sofa, A. R. (2023). ISTIKHDAAM TATHBIIQ MISK KAWASIITHAH LITA’LIIM AL-LUGHAH AL-ARABIYYAH FII SHOFFI ASSAABI’FII MADRASAH NAMIRA AL-MUTAWASSITHAH AL ISLAAMIYAH PROBOLINGGO. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 22(1), 1–18.
Muqorrobin, M. R. H., & Sofa, A. R. (2025). Peran Pendidikan Islam dalam Pengembangan Karakter Keluarga: Strategi Pembinaan Iman, Ibadah, dan Akhlak di Era Globalisasi dan Digitalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 303–317.
Parawansah, S. H., & Sofa, A. R. (2025). Pendekatan Komprehensif Berbasis Al-Qur’an dan Hadits dalam Pengembangan Pendidikan Islam: Integrasi Nilai, Metode, Evaluasi, Sosio-Kultural, dan Kompetensi Pendidik. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 187–205.
Romli, M., & Sofa, A. R. (2025). Integrasi Al-Qur’an dan Al-Hadits Dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah Thoiyyib Hasyim Jorongan Leces Probolinggo: Tantangan dan Peluang Dalam Menyongsong Era Digital dan Globalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 127–139.
Shalawati, S., & Sofa, A. R. (2025). Revitalisasi Nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam Pembentukan Etos Kerja, Profesionalisme, Spiritualitas, Inovasi, Keseimbangan Sosial, dan Keberlanjutan Muslim Modern. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 201–214.
Sofa, A. R. (2022). Islamic Religious Education Literacy and Numeration In the Perspective of the Qur ’ an and Hadits. 3(02). https://doi.org/10.35719/jier.v3i2.242
Sofa, A. R. (2023). إيكاندو لتعلم اللغة العربية عند الطفولة المبكرة في عصر الرقمنة 5.0 (Icando) استخدام. لســـانـنــا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 13(2), 287–295.
Sofa, A. R. (2024). Ibtikarat Fi Ta’lum Al-Lugha Al-’Arabiyya Min Khilal Al-Dhaka’Al-Istina’i: Istratijiyat Fa’ala Litahsin Itqan Al-Lugha Al-’Arabiyya Fi Al-Jami’a Al Islamiyah Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 5(4), 741–757.
Sofa, A. R., Aziz, A., & Ichsan, M. (2021). Pendidkan Bahasa Arab: Problematika Dan Solusi Dalam Studi Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(9), 1761–1774.
Sofa, A. R., Mundir, H., & Ubaidillah, H. (2024). Learning Islamic Religious Education Based on Spiritual and Emotional Intelligence to Build the Morals of Zainul Hasan Genggong Islamic University Students. International Journal of Educational Narratives, 2(1), 42–47.
Sofa, A. R., & Sugianto, M. (2024). Variasi Keragaman Linguistik Bahasa Arab di Negara Arab dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(1), 517–542.
Sudaryanto, M. U., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Pembelajaran Tajwid sebagai Sarana Tadabbur Al-Qur’an di SD Negeri III Kalianan Krucil Probolinggo: Strategi, Tantangan, dan Dampaknya terhadap Pemahaman Keislaman Siswa. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 57–68.
Sukandarman, S., & Sofa, A. R. (2024). Harmoni dalam Keberagaman: Toleransi dan Kerukunan Antar Umat Beragama Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(4), 128–144.
Utami, S. I., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan Ilmu dalam Al-Qur’an dan Hadits: Perspektif Kitab Mahfudzot Fadhoilun Nabi wa Shahabat dalam Membangun Karakter Mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 4(1), 27–42.
Widayanti, U. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Maharatul Qiroah di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Probolinggo: Tantangan dan Solusi dalam Meningkatkan Kualitas Kefasihan Bahasa Arab. Faidatuna, 6(1), 48–68.
Zaini, F. M., & Sofa, A. R. (2024). Integrasi Nilai Qur’ani dan Hadits dalam Kepemimpinan Kepala Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Banyuanyar Probolinggo. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(6), 183–197.
Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi Konsep Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Bullying: Studi Kasus di Pesantren Zainul Hasan Genggong. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 301–316.