Efektifitas Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di MI Ma’arif Kaliwiro Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Kiyatun Kiyatun Universitas Sains Al-Qur’an
  • Muchotob Hamzah Universitas Sains Al-Qur’an
  • Ngarifin Shidiq Universitas Sains Al-Qur’an

DOI:

https://doi.org/10.61132/ikhlas.v1i4.99

Keywords:

Madrasah principal's leadership style, Improving student achievement, Stakeholder involvement

Abstract

The purpose of this research is to collect data on education in general and the leadership style of the madrasah principal in particular in an effort to improve student achievement. This research method is qualitative. Research conducted on descriptive analysis, speech, writing, and behavior as reported by individuals (subjects) themselves is known as qualitative research. The subjective nature of the principal is emphasized in this research approach. In order to increase the number of student achievements at MI Ma'arif Kaliwiro, the Madrasah principal's leadership plan includes involving and maximizing stakeholders, parents and students, conducting supervision, setting annual achievement targets, and giving gifts. Setting an example to the community, implementing strategic reforms with circumstances, and utilizing a combination of authoritarian and democratic leadership styles based on circumstances, and formulating the Madrasah's vision and mission to meet the aspirations of the community, parents, and Madrasah residents are part of the Madrasah principal's leadership strategy at MI Ma'arif Kaliwiro.

References

Ali, M. (1987). Penelitian kependidikan: Prosedur dan strategi. Bandung: Angkasa.

Andang, M. (2018). Manajemen dan kepemimpinan kepala madrasah (Konsep, strategi dan inovasi menuju madrasah efektif). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Ayu, R. K. (2016). Konstruksi sosial siswa terhadap prestasi non akademik. Jurnal Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga.

Az Zahra Nabila Rofi’ah, Maryono, & Salis Irvan Fuadi. (2023). Implementasi kompetensi akademik dan manajerial pada lembaga TPQ (Studi kasus di TPQ Mamba’ul ‘Ulum). Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(3), 1–8. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i3.1788

Departemen Agama. (2015). Al-Qur’an dan terjemahannya. Jakarta: Dirjen Binbaga.

Hidayah, N. (2016). Kepemimpinan visioner kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kholis, N. (2014). Manajemen strategi pendidikan (Formulasi, implementasi dan pengawasan). Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Laksono, K. (2019). Seri manual GLS guru sebagai teladan literasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Margono, S. (2010). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Masniati. (2015). Kepemimpinan dalam Islam. Jurnal Al Qadau, 2(1).

Nashih, A. U. (2007). Pendidikan anak dalam Islam (D. Miri, Trans.). Jakarta: Pustaka Amani.

Nashrul, F. I. (2018). Peran guru dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. Skripsi Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 6 tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Madrasah.

Permendiknas Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Prastowo, A. (2017). Memahami metode-metode penelitian: Suatu tinjauan teoritis dan praksis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Qomar, M. (2007). Manajemen pendidikan Islam: Strategi baru pengelolaan lembaga pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Sari, L. R. (2018). Strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MTs Negeri 2 Rantauprapat. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Medan.

Shoimatul, S. U. (2017). Revolusi belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kualitatif (untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, interpretif, dan konstruktif). Bandung: Alfabeta.

Susanty, S. (2007). Iklim lingkungan kelas mempengaruhi prestasi akademik? (Sebuah bantahan terhadap kajian Winkel). Jurnal Provitae, 3(1).

Syah, M. (2006). Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Tisnawati, E., & Saefullah, K. (2009). Pengantar manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

W, J. C. (2015). Penelitian kualitatif dan desain riset: Memilih diantara lima pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Z, A. F. (2014). Kepemimpinan pendidikan Islam. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Published

2024-09-12

How to Cite

Kiyatun Kiyatun, Muchotob Hamzah, & Ngarifin Shidiq. (2024). Efektifitas Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di MI Ma’arif Kaliwiro Tahun Pelajaran 2023/2024. Ikhlas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 1(4), 01–15. https://doi.org/10.61132/ikhlas.v1i4.99

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.