Disleksia dan Literasi Digital : Implementasi Media Digital dalam Bimbingan Membaca
DOI:
https://doi.org/10.61132/karakter.v2i2.560Keywords:
Guidance, Reading DifficultiesAbstract
Reading difficulties or dyslexia are learning disorders that affect a person's ability to recognize letters, words, or texts accurately and quickly. This study aims to identify effective guidance methods in helping individuals with dyslexia overcome their challenges. The research approach used is qualitative with a literature study method, which includes an analysis of various sources of theory and practice related to dyslexia. The results of the study indicate that the theory of dyslexia consists of the Phonology theory and the Double Deficit Theory. Teaching methods for children with dyslexia, namely the Fernald method, the Gilingham method, the Grass Analysis method, the Hegge-Kirk-Kirk method and the Neurological Impress method, personalized guidance, early intervention, the use of assistive technology, and a multisensory approach can improve the reading ability of individuals with dyslexia. These findings are expected to be a reference for educators, parents, and practitioners to develop more inclusive and effective guidance strategies in supporting the development of children with dyslexia.
References
Ade, A., Nawa, L. F., Rajak, R., Ilham, P. A., & Tonra, W. S. (2023). Strategi pembelajaran anak disleksia di SDN 44 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1). https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.5725
Amaliah, T., Tisnasari, S., & Setiawan, S. (2023). Kesulitan membaca dan menulis pada siswa berkesulitan belajar di kelas tinggi SD Negeri Bojong Baru. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 367–382. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2268
Kurniawan, A. R. (2020). Efektivitas metode Gillingham untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kesulitan belajar kelas III SD N 01 Limau Manis Padang.
Berkesulitan, A., Di, B., Sidowareg, S., & Kediri, P. (n.d.). Pengaruh penggunaan metode analisis Glass terhadap kemampuan membaca permulaan.
Bujangga, H., & Takengon, I. (n.d.). Metode reading aloud dalam membantu siswa. Journal of Primary Education PGMI IAIN Lhokseumawe, 3.
Cahyono, H., Rumyati, S., Pendidikan, B., Guru, P., Dasar, S., Setiabudhi, S., Budi, R. J., No, U., & Pendidikan, K. (2022). Penerapan metode Fernald untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak kesulitan membaca di Sekolah Dasar Negeri 02 Mauara Ciujung Barat 1. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 6(1). https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd
Fitri, D., Selfiyana, S., Rakhmatika, I., Afifah, N., Handiawan, D., Prayogi, A., & Abdurrahman Wahid Pekalongan, U. K. (2024). Penggunaan media pembelajaran digital dalam meningkatkan keterampilan literasi peserta didik di MA Pembangunan Jakarta, 2(6). https://journal.institercom-edu.org/index.php/multiple
Dwi, K., & Cahyono, R. (2022). Efektivitas metode Fernald untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak anggota Polri penyandang disleksia. Jurnal Litbang Polri, 25(3). https://doi.org/10.46976/.v25i3.193
Faizin, I. (2020). Strategi guru dalam penanganan kesulitan belajar disleksia, 7.
Witono, H. A. (2024). Kesulitan belajar membaca anak disleksia kelas 4 di SDN 31 Cakranegara. Renjana Pendidikan Dasar, 4(1).
Hasanah, C. W., Khairun, Y., & Nurmala, M. D. (2021). Kesulitan belajar membaca (disleksia) dan alternatif penanganannya, 8.
Rifa, H. (2023). Aplikasi teori fonologi pada penanganan anak berkebutuhan khusus (ABK) disleksia dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas 8 SMP Islam Sabilurrosyad Malang.
Loeziana. (2022). Urgensi mengenal ciri disleksia.
Mahfud, S., Pristiani, Y. D., & Suratman. (2022). Pendidikan wawasan kebangsaan di Pondok Pesantren Lirboyo dalam upaya menangkal radikalisme. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 7(2), 70–79. https://doi.org/10.29407/pn.v7i2.18493
Nofitasari, A., & Ernawati, N. (n.d.). Proseding Seminar Nasional PGSD UPY dengan tema strategi mengatasi kesulitan belajar ketika murid Anda seorang disleksia: Teori dan metode pengajaran pada anak disleksia.
Primasari, I. F. N. D., & Supena, A. (2021). Meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia dengan metode multisensori di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1055
Ginting, R. L., Siburian, A. Y. K., Siantur, T. E., Sianturi, S. M., Ginting, N. B., & Pratiwi, S. A. (2023). Bimbingan konseling bagi anak cerdas istimewa dan kesulitan belajar (disleksia, disgrafia, diskalkulia).
Rahmawati, L. E., Purnomo, E., Hadi, D. A., Wulandari, M. D., & Purnanto, A. W. (2022). Studi eksplorasi bentuk-bentuk gejala disleksia pada anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2495
Fiantika, R. F., Wasil, M., & Jumiyati, S. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. www.globaleksekutifteknologi.co.id.
Sopiani, I. A., & Ardisal, A. (2022). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media video pembelajaran bagi siswa disleksia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2933
Wahyuni, H. (2020). Strategi neurological impress untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) disleksia dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas 8 SMP Islam Sabilurrosyad Malang.
Wijaya, A., Mulyawati, Y., & Hikmah, N. (2022). Penerapan metode multisensori berbantuan balok huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di sekolah dasar inklusi. 13(2), 2022–2076. https://doi.org/10.21831/foundasia