Upaya Pemeliharaan Kesehatan dan Kebersihan di Pondok Puteri Pusat Pesantren Zainul Hasan Genggong Berdasarkan Ajaran Al-Qur'an dan Hadits

Authors

  • Nurul Khofifah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Ainur Rofiq Sofa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.61132/karakter.v2i2.563

Keywords:

Implementation, Health, Cleanliness, Pondok Pesantren, Zainul Hasan Genggong, Qur'an, Hadith

Abstract

This study aims to explore and analyze the implementation of health and cleanliness at Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong based on the guidance of the Qur'an and Hadith. The research employed interviews, observations, and dokumentation as its methods.The results of interviews with the pesantren's caregivers, senior students, and cleaning staff indicated that cleanliness and health are integral parts of the character education provided at the pesantren. Islamic teachings on cleanliness, as stated in the Qur'an and Hadith, are applied in various aspects of student life, from personal hygiene practices such as ablution and bathing to the cleanliness of the pesantren environment. Observations revealed that public facilities such as bathrooms, dining rooms, and ablution areas are consistently maintained, with each student responsible for keeping their room and surrounding areas clean. Documentation obtained shows the existence of written policies on cleanliness and health, as well as regular health check-ups for the students. The implementation of cleanliness and health has a positive impact on the physical and mental well-being of the students, as well as fostering discipline and environmental awareness. This study also identified challenges such as limited facilities and the need to raise awareness about cleanliness among some students. Overall, Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong successfully implements Islamic teachings on cleanliness and health, positively affecting the well-being of its students.

References

Agustina, A. (2021). Perspektif hadis Nabi Saw mengenai kebersihan lingkungan. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1(2), 96–104. https://doi.org/10.15575/jpiu.12206

Arifin, M. Z., & Sofa, A. R. (2025). Pengaruh shalat lima waktu terhadap disiplin dan kualitas hidup. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(1), 70–78.

Firdausiyah, J., & Sofa, A. R. (2025). Relevansi Al-Qur’an dan Hadits dalam pembentukan nilai sosial, etika politik, dan pengambilan keputusan di era kontemporer: Kajian terhadap pengaruhnya dalam kehidupan sosial, kebijakan publik, demokrasi, kepemimpinan, hukum, ekonomi, pendidikan, dan teknologi. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 102–131.

Habibah, W., Sofa, A. R., Aziz, A., Bukhori, I., & Islam, M. H. (2025). Integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam pendidikan untuk membangun tanggung jawab konservasi alam di Madrasah Ibtidaiyah Ihyaul Islam Pakuniran. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 36–52.

Hanafi, H., & Sofa, A. R. (2024). Refleksitas iman dan ilmu serta apresiasinya berdasarkan studi Al-Qur’an dan Al-Hadits. Moral: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(4), 278–294.

Harifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Penguatan tradisi keislaman di Ma’had Putri Nurul Hasan MAN 2 Probolinggo: Implementasi pengajian kitab, amalan harian, dan ritual kolektif dalam pembentukan karakter santri. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Filsafat, 2(1), 218–239.

Hasanah, U., & Sofa, A. R. (2025). Strategi, implementasi, dan peran pengasuh dalam pengembangan pendidikan agama di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 152–172.

Helmi, M., & Sofa, A. R. (2025). Melahirkan generasi berkarakter unggul melalui transformasi sosial yang berbasis pendidikan, nilai, dan kolaborasi masyarakat di MTs Miftahul Khoir Alastengah Besuk. Reflection: Islamic Education Journal, 2(1), 186–199.

Ilahi, D. S. K., & Sofa, A. R. (2025). Digitalisasi konsep mawaddah wa rahmah dalam Al-Qur’an dan Hadits: Strategi psikologi keluarga untuk membangun keharmonisan rumah tangga di Desa Bucor Wetan Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 180–200.

Kharlie, A. T. (2019). Literatur pembelajaran fiqh di Pondok Pesantren Propinsi Banten. Tajdid, 26(1), 75. https://doi.org/10.36667/tajdid.v26i1.320

Mardiya, Z., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan menuntut ilmu dalam perspektif Islam di kehidupan modern: Tantangan, peluang, dan pengaruh teknologi dalam pembentukan karakter di era digital. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 4(1), 13–26.

Muarrifah, S., & Sofa, A. R. (2024). Pendekatan tematik Qur’an dan Hadits sebagai landasan pembinaan akhlak sehari-hari di MA Al Husna Dawuhan Krejengan Probolinggo. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 2(6), 255–274.

Nadia, R. Y., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan ilmu dan klasifikasi pendidikan menurut Al-Ghazali dan Ibnu Qayyim: Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 291–300.

Nurhamsalim, M., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam kehidupan sehari-hari di SMK Negeri 1 Probolinggo: Studi tentang pengembangan karakter Islami siswa. Reflection: Islamic Education Journal, 2(1), 127–143.

Parawansah, S. H., & Sofa, A. R. (2025). Pendekatan komprehensif berbasis Al-Qur’an dan Hadits dalam pengembangan pendidikan Islam: Integrasi nilai, metode, evaluasi, sosio-kultural, dan kompetensi pendidik. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 187–205.

Ramadani, S., & Sofa, A. R. (2025). Kejujuran dalam perspektif pendidikan Islam: Nilai fundamental, strategi implementasi, dan dampaknya terhadap pembentukan karakter santri di pesantren. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 193–210.

Romli, M., & Sofa, A. R. (2025). Integrasi Al-Qur’an dan Al-Hadits dalam pengembangan pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah Thoiyyib Hasyim Jorongan Leces Probolinggo: Tantangan dan peluang dalam menyongsong era digital dan globalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 127–139.

Saifullah, S., & others. (2025). Membangun karakter santri melalui pendekatan spiritual berbasis Al-Qur’an dan Hadits: Studi empiris di lingkungan Pesantren Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 158–179.

Shalawati, S., & Sofa, A. R. (2025). Revitalisasi nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam pembentukan etos kerja, profesionalisme, spiritualitas, inovasi, keseimbangan sosial, dan keberlanjutan Muslim modern. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 201–214.

Shofiyah, N., Sumedi, S., Hidayat, T., & Istianah, I. (2023). Tujuan penciptaan manusia dalam kajian Al-Qur’an. ZAD Al-Mufassirin, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.55759/zam.v5i1.54

Sholeha, S., & Sofa, A. R. (2025). Konsep etika keutamaan dalam tasawuf Abdul Qadir Al-Jailani dan pengaruhnya terhadap terbentuknya akhlak manusia. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 176–186.

Sofa, A. R., Mundir, H., & Ubaidillah, H. (2024). Learning Islamic religious education based on spiritual and emotional intelligence to build the morals of Zainul Hasan Genggong Islamic University students. International Journal of Educational Narratives, 2(1), 42–47.

Sumarno, Haddade, H., & Damis, R. (2022). Wawasan Al-Qur’an tentang kesehatan. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 293–304. https://doi.org/10.37286/ojs.v8i2.166

Warda, H. A., & Sofa, A. R. (2025). Menanamkan karakter ikhlas sejak usia dini: Pembentukan keikhlasan pada anak PAUD KB Hidayatullah Gading Kulon Banyuanyar Probolinggo sebagai landasan kebaikan. Ta’rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 6(1), 144–156.

Zahra, A. M., & Sofa, A. R. (2024). Upaya peningkatan media Wordwall terhadap motivasi belajar pada pelajaran SKI materi kisah teladan Nabi Muhammad SAW kelas V MI Islamiyyah Kraksaan. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, 2(6), 360–369.

Zaini, F. M., & Sofa, A. R. (2024). Integrasi nilai Qur’ani dan Hadits dalam kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Banyuanyar Probolinggo. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 2(6), 183–197.

Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi konsep pendidikan agama Islam dalam mengatasi bullying: Studi kasus di Pesantren Zainul Hasan Genggong. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 301–316.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Nurul Khofifah, & Ainur Rofiq Sofa. (2024). Upaya Pemeliharaan Kesehatan dan Kebersihan di Pondok Puteri Pusat Pesantren Zainul Hasan Genggong Berdasarkan Ajaran Al-Qur’an dan Hadits. Karakter : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 164–191. https://doi.org/10.61132/karakter.v2i2.563

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.