Penerapan Budaya 5S di SMK Muhammadiyah 1 Wates Menjadi Pilar Penting dalam Memperkuat Karakter Siswa
DOI:
https://doi.org/10.61132/moral.v1i3.11Keywords:
5S Culture, Student Character, Vocational Secondary EducationAbstract
This study reviews the implementation of 5S Culture at Muhammadiyah 1 Wates Vocational School as the main strategy in building student character. The 5S culture (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, and Shitsuke) is implemented to improve discipline, responsibility, cooperation, and the quality of the learning environment. This research explores the positive impact of implementing 5S Culture on student character development, as well as how this strategy contributes to increasing academic achievement and forming quality personalities. The research methods used include observation, interviews, and documentation analysis to provide a comprehensive picture of the effectiveness of this program in the context of vocational secondary education.
References
Anisa, Nurul. (2017). Modal Pembentukan Karakter melalui Budaya 5S Senyum, Salam, Sapa, sopan, dan santun. http://anisanurul2728.wordpress.com/2017/06/14/modal-pembentukan-karakter-melalui-budaya-5S-senyum-salam-sapasopan-dan-santun/
Citrapujiyati. (2017). “Implementasi Grand Design Pendidikan Karakter di Sekolah Alam Sebagai Penguatan Generasi Emas 2045 (Studi Deskriptif di Sekolah Alam Ungaran)”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Marwanti, Endah dkk. (2018). “Implementasi Penanaman Karakter Anak dalam Syair Lagu Dolanan Anak Cublak-Cublak Suweng”. Jurnal Taman Cendekia. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uni
Marwanti, Endah dkk. (2018). “Implementasi Penanaman Karakter Anak dalam Syair Lagu Dolanan Anak Cublak-Cublak Suweng”. Jurnal Taman Cendekia. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa.
Nurul Afifah. (2023). Implementasi Budaya 5-S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dan Metode Guru dalam Membiasakannya Pada Siswa Sekolah Dasar. 1.
Samani, Muchlas, dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sarwina, E., & Praheto, B. E. (2022). PENERAPAN BUDAYA 5S (SENYUM, SALAM, SAPA SOPAN DAN SANTUN) SEBAGAI BENTUK PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN 001 AIR ASUK.
Somantri, G. R. (2005). MEMAHAMI METODE KUALITATIF. Makara Human Behavior Studies in Asia, 9(2), 57. https://doi.org/10.7454/mssh.v9i2.122
Suyanto. (2009). Urgensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar
Ujiningsih. (2010). Pembudayaan Sikap Sopan Santun di Rumah dan di Sekolah sebagai Upaya untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Retrieved februari 27, 2020, from pustaka.ut.ac.id:http;//www.pustaka.ut.a c.id/dev25/pdfprosiding2/fkip201034.pd f
Yati, R. (2021). PERMASALAHAN KRISIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI PENDIDIKAN [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/a3c6e