Implementasi Nilai-Nilai Al-Qur’an dan Hadits Nabi Dalam Kehidupan Peserta Didik di MTS. Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.61132/hikmah.v2i1.596Keywords:
Implementation, Qur'anic Values, Hadith of the Prophet, Islamic Education, Students, MTs. Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading ProbolinggoAbstract
This study aims to examine the implementation of the values of the Qur'an and the Hadith of the Prophet in the daily lives of students at MTs. Raudlatul Hasaniyah, Mojolegi Gading Probolinggo. The primary focus of this research is to explore how the values contained in the Qur'an and Hadith are applied in students' everyday lives, particularly in the spiritual, social, and moral aspects. A qualitative approach using a case study method was employed, with data gathered through in-depth interviews, observations, and document analysis. The findings indicate that the implementation of Qur'anic and Hadith values at MTs. Raudlatul Hasaniyah is carried out effectively through various educational programs and initiatives based on Islamic teachings. These values are applied in both academic learning, extracurricular activities, and students' daily life within the school environment. The positive impacts experienced by students include improved moral character, discipline, and a deeper understanding of Islamic teachings. This research is expected to contribute to the development of Islamic education based on Qur'anic and Hadith values in shaping a generation with strong character.
References
Afendi, H. A. R., & Khojir, M. (2024). Pendidikan Islam Abad 21 (Inovasi dan Implementasinya). Bening Media Publishing.
Agustini, A., & Sofa, A. R. (2025). Mencintai karena Allah: Konsep dan aplikasinya dalam kehidupan sosial berdasarkan Al-Qur'an dan Hadits serta implikasinya di kampus Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 35–41.
Al-Ghazali, I. (2020). Ihya' 'Ulumuddin 10. Nuansa Cendekia.
Amri, M. K., & Sucipto, S. (2024). Pendidikan Islam dan kesesuaian nilai hidup dengan Surat Al-Maidah Ayat 36: Sebuah kajian tematis. Moral: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(4), 138–150.
Anggriani, D. (2024). Penerapan program pembiasaan dalam pembentukan karakter siswa MIS Ikhwanul Muslimin Kecamatan Sirandorung Kabupaten Tapanuli Tengah. Tashdiq: Jurnal Kajian Agama Dan Dakwah, 7(2), 31–40.
Arifin, M. Z., & Sofa, A. R. (2025). Pengaruh Shalat lima waktu terhadap disiplin dan kualitas hidup. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(1), 70–78.
Dewey, J. (1916). Nationalizing education. Journal of Education, 84(16), 425–428.
Habibah, W., Sofa, A. R., Aziz, A., Bukhori, I., & Islam, M. H. (2025). Integrasi nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam pendidikan untuk membangun tanggung jawab konservasi alam di Madrasah Ibtidaiyah Ihyaul Islam Pakuniran. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 36–52.
Hanafi, H., & Sofa, A. R. (2024). Refleksitas iman dan ilmu serta apresiasinya berdasarkan studi Al-Qur'an dan Al-Hadits. Moral: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(4), 278–294.
Harifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Penguatan tradisi keislaman di Ma’had Putri Nurul Hasan MAN 2 Probolinggo: Implementasi pengajian kitab, amalan harian, dan ritual kolektif dalam pembentukan karakter santri. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 2(1), 218–239.
Hausfather, S. J. (1996). Vygotsky and schooling: Creating a social context for learning. Action in Teacher Education, 18(2), 1–10.
Helmi, M., & Sofa, A. R. (2025). Melahirkan generasi berkarakter unggul melalui transformasi sosial yang berbasis pendidikan, nilai, dan kolaborasi masyarakat di MTs Miftahul Khoir Alastengah Besuk. Reflection: Islamic Education Journal, 2(1), 186–199.
Ilahi, D. S. K., & Sofa, A. R. (2025). Digitalisasi konsep mawaddah wa rahmah dalam Al-Qur’an dan Hadist: Strategi psikologi keluarga untuk membangun keharmonisan rumah tangga di Desa Bucor Wetan Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 180–200.
Mardiya, Z., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan menuntut ilmu dalam perspektif Islam di kehidupan modern: Tantangan, peluang, dan pengaruh teknologi dalam pembentukan karakter di era digital. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 4(1), 13–26.
Muarrifah, S., & Sofa, A. R. (2024). Pendekatan tematik Qur'an dan Hadits sebagai landasan pembinaan akhlak sehari-hari di MA Al Husna Dawuhan Krejengan Probolinggo. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(6), 255–274.
Muhaimin, H. (2024). Wawasan Pendidikan Islam. Marja.
Nadia, R. Y., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan ilmu dan klasifikasi pendidikan menurut Al-Ghazali dan Ibnu Qayyim: Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 291–300.
Parawansah, S. H., & Sofa, A. R. (2025). Pendekatan komprehensif berbasis Al-Qur’an dan Hadits dalam pengembangan pendidikan Islam: Integrasi nilai, metode, evaluasi, sosio-kultural, dan kompetensi pendidik. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 187–205.
Ramadani, S., & Sofa, A. R. (2025). Kejujuran dalam perspektif pendidikan Islam: Nilai fundamental, strategi implementasi, dan dampaknya terhadap pembentukan karakter santri di pesantren. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 193–210.
Rumjaun, A., & Narod, F. (2020). Social learning theory—Albert Bandura. In Science Education in Theory and Practice: An Introductory Guide to Learning Theory (pp. 85–99).
Sabri, Y., & Santoso, B. (2024). Strategi membentuk akhlak dan sikap keagamaan melalui pendekatan pendidikan moral. Jurnal Paris Langkis, 5(1), 110–119.
Saifullah, S., & others. (2025). Membangun karakter santri melalui pendekatan spiritual berbasis Al-Qur'an dan Hadits: Studi empiris di lingkungan pesantren Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 158–179.
Salisah, S. K., Darmiyanti, A., & Arifudin, Y. F. (2024). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di era digital tinjauan literatur. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 36–42.
Shalawati, S., & Sofa, A. R. (2025). Revitalisasi nilai Al-Qur'an dan Hadits dalam pembentukan etos kerja, profesionalisme, spiritualitas, inovasi, keseimbangan sosial, dan keberlanjutan Muslim modern. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 201–214.
Sofa, A. R. (2022). Islamic religious education literacy and numeration in the perspective of the Qur’an and Hadits. Jurnal of Islamic Education Research, 3(2), 242. https://doi.org/10.35719/jier.v3i2.242
Sofa, A. R., Mundir, H., & Ubaidillah, H. (2024). Learning Islamic religious education based on spiritual and emotional intelligence to build the morals of Zainul Hasan Genggong Islamic University students. International Journal of Educational Narratives, 2(1), 42–47.
Sukandarman, S., & Sofa, A. R. (2024). Harmoni dalam keberagaman: Toleransi dan kerukunan antar umat beragama berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(4), 128–144.
Zahra, A. M., & Sofa, A. R. (2024). Implementasi pembiasaan Shalat Dhuha dan Shalat Dhuhur secara berjama'ah dalam membentuk karakter disiplin di MI Tarbiyatul Islam Kraksaan. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(4), 231–239.
Zaini, F. M., & Sofa, A. R. (2024). Integrasi nilai Qur’ani dan Hadits dalam kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Banyuanyar Probolinggo. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(6), 183–197.
Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi konsep pendidikan agama Islam dalam mengatasi bullying: Studi kasus di pesantren Zainul Hasan Genggong. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 301–316.