Peran Imam Al-Asy’ari dan Al-Maturidi Dalam Pengembangan Pemikiran Aswaja di Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.61132/ikhlas.v2i2.734Keywords:
Ahlussunnah wal Jama'ah, Imam Al-Ash'ari, Imam Al-Maturidi, Islamic Education, Islamic ModerationAbstract
This study examines the contributions of Imam Abu Hasan Al-Ash'ari and Imam Abu Mansur Al-Maturidi in shaping the Ahlussunnah wal Jama'ah (Aswaja) school of thought and its implications for Islamic education. Both imams are considered foundational figures in Islamic theology, and their ideas have influenced the development of the creed (aqidah), Islamic theology (ilm al-kalam), and Islamic philosophy in various Islamic educational institutions throughout history. Through a qualitative research method with a literature review approach, this study analyzes both primary and secondary sources, including classical texts and modern interpretations, to assess the relevance of their thoughts in the context of contemporary Islamic education systems. The findings indicate that the Ash‘arite and Maturidite theological frameworks, which emphasize the balance between revelation and rationality, have been instrumental in shaping curricula, teaching methodologies, and approaches to religious understanding. The concept of moderation, or wasatiyyah, in both theological schools is central to this approach, encouraging a balanced interpretation of Islamic teachings that addresses modern challenges. The study concludes that integrating the principles of Ash‘arite and Maturidite theology into contemporary educational practices offers valuable insights into fostering a more inclusive, balanced, and rational approach to Islamic learning.
References
Amelia, V. E., & Sofa, A. R. (2025). Strategi pembelajaran dalam membaca teks Arab di Madrasah Diniyah Darul Lughah Wal Karomah Putra untuk kemampuan literasi Arab. AL-MUSTAQBAL: Jurnal Agama Islam, 2(1), 202–214.
Arifin, M. Z., & Sofa, A. R. (2024). Ilmu sebagai kunci kesuksesan dunia dan akhirat menurut Al-Quran dan Hadist. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(4), 118–125.
Firdausiyah, J., & Sofa, A. R. (2025). Relevansi Al-Qur’an dan Hadits dalam pembentukan nilai sosial, etika politik, dan pengambilan keputusan di era kontemporer: Kajian terhadap pengaruhnya dalam kehidupan sosial, kebijakan publik, demokrasi, kepemimpinan, hukum, ekonomi, pendidikan, dan teknologi. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 102–131.
Harifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Penguatan tradisi keislaman di Ma’had Putri Nurul Hasan MAN 2 Probolinggo: Implementasi pengajian kitab, amalan harian, dan ritual kolektif dalam pembentukan karakter santri. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 2(1), 218–239.
Hasan, M., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi konsep Islam Rahmatan lil’Alamin dalam pendidikan karakter di SDN Seneng 1 Krucil Probolinggo. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 253–271.
Hasanah, U., & Sofa, A. R. (2025). Strategi, implementasi, dan peran pengasuh dalam pengembangan pendidikan agama di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 3(1), 152–172.
Muarrifah, S., & Sofa, A. R. (2024). Pendekatan tematik Qur’an dan Hadits sebagai landasan pembinaan akhlak sehari-hari di MA Al Husna Dawuhan Krejengan Probolinggo. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(6), 255–274.
Nadia, R. Y., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan ilmu dan klasifikasi pendidikan menurut Al-Ghazali dan Ibnu Qayyim: Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 291–300.
Parawansah, S. H., & Sofa, A. R. (2025). Pendekatan komprehensif berbasis Al-Qur’an dan Hadits dalam pengembangan pendidikan Islam: Integrasi nilai, metode, evaluasi, sosio-kultural, dan kompetensi pendidik. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 187–205.
Qomariyah, N., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi nilai-nilai kesejahteraan sosial berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits: Studi kasus di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 6(1), 223–238.
Saleh, M. N. I. (2025). Perceptions of pesantren leaders towards Islamic moderation approaches in combating radicalism and terrorism. Cogent Arts & Humanities, 12(1), 2474826.
Sofa, A. R. (2023). إلحاح اللغة العربية في مناهج التعليم الابتدائي والثانوي كلغة أجنبية مفضلة في عصر المجتمع 5.0. Imtiyaz: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa Arab, 7(1).
Sofa, A. R. (2024). Ibtikarat Fi Ta’lum Al-Lugha Al-’Arabiyya Min Khilal Al-Dhaka’Al-Istina’i: Istratijiyat Fa’ala Litahsin Itqan Al-Lugha Al-’Arabiyya Fi Al-Jami’a Al Islamiyah Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 5(4), 741–757.
Sofa, A. R., & Aziz, A. (2024). Development of professional competence for Arabic language teachers at Madrasah Aliyah Model Hafshawaty Zainul Hasan Genggong. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 3(2), 128–143.
Sofa, A. R., & Sugianto, M. (2024). Variasi keragaman linguistik bahasa Arab di negara Arab dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(1), 517–542.
Sofa, A. R., Aziz, A., & Ichsan, M. (2021). Pendidikan bahasa Arab: Problematika dan solusi dalam studi pembelajaran bahasa Arab. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(9), 1761–1774.
Sofa, A. R., Mundir, M., Ubaidillah, U., & others. (2024). Integrasi pendidikan agama Islam: Kecerdasan spiritual dan emosional melalui kitab Mahfudzot untuk menumbuhkan akhlak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 13(02).
Sudaryanto, M. U., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi pembelajaran tajwid sebagai sarana tadabbur Al-Qur’an di SD Negeri III Kalianan Krucil Probolinggo: Strategi, tantangan, dan dampaknya terhadap pemahaman keislaman siswa. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 57–68.
Sukandarman, S., & Sofa, A. R. (2024). Harmoni dalam keberagaman: Toleransi dan kerukunan antar umat beragama berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(4), 128–144.
Widayanti, U. (2025). Optimalisasi pembelajaran Maharatul Qiroah di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Probolinggo: Tantangan dan solusi dalam meningkatkan kualitas kefasihan bahasa Arab. Faidatuna, 6(1), 48–68.
Zahra, A. M., & Sofa, A. R. (2024). Upaya peningkatan media Wordwall terhadap motivasi belajar pada pelajaran SKI materi kisah teladan Nabi Muhammad SAW kelas V MI Islamiyyah Kraksaan. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(6), 360–369.
Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi konsep pendidikan agama Islam dalam mengatasi bullying: Studi kasus di Pesantren Zainul Hasan Genggong. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 301–316.