Dampak Teknologi Terhadap Ruang Lingkup Pembelajaran SKI dalam Membangun Kesadaran Sejarah dan Identitas Budaya Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.61132/karakter.v1i4.231Keywords:
Technology, SKI Learning, Generation ZAbstract
Generation Z, known as the internet generation, has unique characteristics that influence the way they learn. Technology-based learning, such as the use of animated videos and interactive applications, can increase students' interest and understanding of complex SKI material. This article discusses the impact of technology on the scope of SKI learning in building historical awareness and cultural identity for Generation Z. This research method uses library research, namely searching for research sources by collecting several pieces of literature sourced from journals, books and other sources. The results of this research show that the rapid development of technology is currently having a significant impact on the field of education, including learning the History of Islamic Culture (SKI).
References
Aliyah, M., Di, K., & Revolusi, E. R. A. (2019). Glokalisasi kurikulum pendidikan agama Islam madrasah aliyah keagamaan di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2).
Asari, H. (2020). Esai-esai sejarah, pendidikan dan kehidupan. Jakarta: Penerbit XYZ.
As-sunniyah, U. A. (2024). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui inovasi pembelajaran SKI berbasis smart TV di MTs Irsyadun Nasyi’in. Jurnal Pendidikan Islam, 4, 1539–1554.
Biantoro, O. F. (2024). Efektifitas media video dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 222–233. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.247
Budyastuti, Y., & Fauziati, E. (2021). Penerapan teori konstruktivisme pada pembelajaran daring interaktif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 112–119. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1126
Fadhillah, D. I. (2021). Kinerja guru dalam upaya penguatan karakter siswa (Studi deskriptif pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Annur Kota Bekasi). Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 13–24.
Fadilah, N., Setyosari, P., & Susilaningsih, S. (2021). Motivasi belajar mahasiswa teknologi pendidikan dalam pembelajaran online. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 90–97. https://doi.org/10.17977/um038v4i12021p090
Farhurohman, O., & Saádiyah, S. (2020). Penggunaan media pembelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Ibtidai: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1), 36–50. http://103.20.188.221/index.php/ibtidai/article/download/3363/2683
Hanafi, M. (2021). Pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Risalah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(2), 75–83. http://journal.medanresourcecenter.org/index.php/IE
Insani, A. A., Sholehuddin, M. S., Khobir, A., Islam, P. A., Abdurrahman, U. I. N. K. H., & Pekalongan, W. (2024). Gudang jurnal multidisiplin ilmu pemikiran konstruktivisme Jean Piaget dalam pendidikan Islam. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 83–86.
Jusuf, H. (2016). Penggunaan gamifikasi dalam proses pembelajaran. Journal Ticom, 5(1). https://www.researchgate.net/publication/320920734_Penggunaan_Gamifikasi_dalam_Proses_Pembelajaran
Maritsa, A., Salsabila, H. U., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Meutiawati, I. (2024). Perspektif koneksionisme terhadap aktivitas belajar di era teknologi digital. Desultanah: Journal Education and Social Science, 2(1), 81–100.
Munfiatik, S. (2023). Collaborative learning sebagai model inovasi pendidikan dalam pembelajaran. SINOVA: Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial, 1(2), 83–94.
Mutaqinah, R., & Hidayatullah, T. (2020). Implementasi pembelajaran daring (Program BDR) selama pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Petik, 6(2), 86–95. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.869
Pollatu, D., Karesina, D. M., Toegiyo, E. F., Kowarin, S., & Baragain, S. (2022). Teknik evaluasi pembelajaran di era digital. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 3(2).
Rusydi, I. (2021). Penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah. Risâlah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 7(1), 75–83. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v7i1.176
Satria, T. G., & Egok, A. S. (2020). Pengembangan etnosains multimedia learning untuk meningkatkan kognitif skill siswa SD di Kota Lubuklinggau. Jurnal Basicedu, 4(1), 13–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.382
Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. Jurnal Simbolika: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474
Soedibyo. (2003). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Lectora terhadap hasil belajar siswa: Penelitian pada siswa kelas VII A MTS YPP Darul Hikam mata pelajaran SKI [Unpublished dissertation]. Teknik Bendungan.
Suwandi, S. (2022). Pedagogi genre dan sibergogi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di era digital untuk mewujudkan kompetensi multiliterasi siswa. Seminar Nasional Pendidikan, Universitas Timor, 1(1), 191–210. https://jurnal.unimor.ac.id
Syurgawi, A., & Yusuf, M. (2020). Metode dan model pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Maharot: Journal of Islamic Education, 4(2), 175. https://doi.org/10.28944/maharot.v4i2.433
Trinaldi, A., Bambang, S. E. M., Afriani, M., Rahma, F. A., & Rustam, R. (2022). Analisis kebutuhan penggunaan bahan ajar berbasis teknologi informasi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9304–9314. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4037