Penerapan Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Agama Berdasarkan Dalil Al-Qur’an: Studi Kasus di MTs Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo dengan Fokus pada Teori Big Bang, Embriologi, dan Lapisan Atmosfer

Authors

  • Khairul Anam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Ainur Rofiq Sofa Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.61132/karakter.v2i2.521

Keywords:

Integration, Knowledge, Religion, Qur'an

Abstract

This study examines the integration of science and religion based on Quranic verses at MTs Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo, focusing on the Big Bang theory, embryology, and atmospheric layers. The research investigates how the school implements this integration through training and seminars involving academics, scholars, scientists, and teachers. The aim is to provide deeper insights to educators, students, and the surrounding community about the relationship between scientific discoveries and religious teachings, especially as reflected in Quranic verses. The findings suggest that integrating science and religion enriches students' understanding of both the natural world and the greatness of God, showing that science and religion can complement each other. This approach helps teachers incorporate scientific concepts with religious teachings, fostering a more holistic and contextual understanding among students.

References

Harifah, N., & Sofa, A. R. (2025). Penguatan tradisi keislaman di Ma’had Putri Nurul Hasan MAN 2 Probolinggo: Implementasi pengajian kitab, amalan harian, dan ritual kolektif dalam pembentukan karakter santri. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Filsafat, 2(1), 218–239.

Helmi, M., & Sofa, A. R. (2025). Melahirkan generasi berkarakter unggul melalui transformasi sosial yang berbasis pendidikan, nilai, dan kolaborasi masyarakat di MTs Miftahul Khoir Alastengah Besuk. Reflection: Islamic Education Journal, 2(1), 186–199.

Nadia, R. Y., & Sofa, A. R. (2025). Keutamaan ilmu dan klasifikasi pendidikan menurut Al-Ghazali dan Ibnu Qayyim: Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 291–300.

Parawansah, S. H., & Sofa, A. R. (2025). Pendekatan komprehensif berbasis Al-Qur’an dan Hadits dalam pengembangan pendidikan Islam: Integrasi nilai, metode, evaluasi, sosio-kultural, dan kompetensi pendidik. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 187–205.

Ramli, S., Mariana, M., Khumairah, R., & Zuhra, N. (2021). Pemanfaatan rambut jagung sebagai alternatif bahan pengolahan makanan sehat. Jurnal Inovasi Ramah Lingkungan, 2(3), 5.

Romli, M., & Sofa, A. R. (2025). Integrasi Al-Qur’an dan Al-Hadits dalam pengembangan pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah Thoiyyib Hasyim Jorongan Leces Probolinggo: Tantangan dan peluang dalam menyongsong era digital dan globalisasi. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 127–139.

Ruslan, W., & Dua, M. (2019). Terjadinya alam semesta perspektif teori Big Bang. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Saifullah, S., & others. (2025). Membangun karakter santri melalui pendekatan spiritual berbasis Al-Qur’an dan Hadits: Studi empiris di lingkungan Pesantren Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 158–179.

Shalawati, S., & Sofa, A. R. (2025). Revitalisasi nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam pembentukan etos kerja, profesionalisme, spiritualitas, inovasi, keseimbangan sosial, dan keberlanjutan Muslim modern. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 201–214.

Sofa, A. R., Islam, U., Hasan, Z., & Kraksaan, G. (2020). ةلاطل خ ٍ ثرعلا خغللا خثبزك ً ف خ ٍ فرصلا ءبطخلأا . نىقىق هسحلا ه ٌ ز خ ٍ ملاسلإا خطسىزملا خسرذملا ً ف ثحجلا ص لخ م. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 73–136.

Sofa, A. R., Mundir, H., & Ubaidillah, H. (2024). Learning Islamic religious education based on spiritual and emotional intelligence to build the morals of Zainul Hasan Genggong Islamic University students. International Journal of Educational Narratives, 2(1), 42–47.

Warda, H. A., & Sofa, A. R. (2025). Menanamkan karakter ikhlas sejak usia dini: Pembentukan keikhlasan pada anak PAUD KB Hidayatullah Gading Kulon Banyuanyar Probolinggo sebagai landasan kebaikan. Ta’rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 6(1), 144–156.

Wulandari Saputri, S. (2022). Proses penciptaan manusia pada QS. Al-Mu’minun ayat 12-14 dalam Tafsir Al-Jawahir Fi Tafsir Al-Qur’an Al-Karim karya Tanṭawi Jawhari. UIN Mataram.

Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi konsep pendidikan agama Islam dalam mengatasi bullying: Studi kasus di Pesantren Zainul Hasan Genggong. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 3(1), 301–316.

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Khairul Anam, & Ainur Rofiq Sofa. (2024). Penerapan Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Agama Berdasarkan Dalil Al-Qur’an: Studi Kasus di MTs Raudlatul Hasaniyah Mojolegi Gading Probolinggo dengan Fokus pada Teori Big Bang, Embriologi, dan Lapisan Atmosfer. Karakter : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 26–46. https://doi.org/10.61132/karakter.v2i2.521

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.