Karakteristik Pembelajaran Dosen Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Raden Mas Said Surakarta Prespektif Permenristekdikti Pasal 11 Nomor 44 Tahun 2015
DOI:
https://doi.org/10.61132/karakter.v2i2.544Keywords:
Quality, Educators, Learning, QuestionnairesAbstract
The quality of educators is something that must always be considered by the government. The quality can be seen from how the characteristics of educators when providing learning in the classroom. This Mini Research will look at the Learning Characteristics of IAT Lecturers at UIN Raden Mas Said Surkarta. In this case, the researcher wants to examine two IAT lecturers only, the two lecturers are: Dr. H. Abdul Matin bin Salman Lc,.M.Ag and Dr. Hj. Ari Hikmawati S.Ag. M.Pd. This research includes descriptive qualitative research analysis. The data collection methods used are questionnaire method and RPS analysis. Respondents of this method are 2 students in each batch. In this case the researchers took from the class of 2016 - 2023, so that the respondents were 16 students. After the data is collected, then the researchers describe, and then the researchers compare and analyze using Permenristekdikti Article 11 Number 44 of 2015 related to “Learning Process Standards”. The conclusion: (1). The learning of IAT lecturers at UIN Raden Mas Said Surakarta is in accordance with the Learning Process Standards in Permenristekdikti Article 11 Number 44 of 2015 which is Integrative-Interconnective. (2). Learning Characteristics of Dr. H. Abdul Matin bin Salman Lc, M.Ag is more about Interactive, Holistic, Scientific, and Contextual learning. (3). Learning Characteristics of Dr. Hj Ari Hikmawati S.Ag. M.Pd is more about Integrative, Thematic, Effective, and Collaborative learning.
References
Amanda, A. V. (2022). Integratif diferensiasi penerapan membaca. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 53–58.
Ampel, H. P. U. S. (2024). Menuju akreditasi unggul: Prodi Al-Qur’an & Tafsir program doktoral UINSA di asesmen lapangan. Diakses dari https://uinsa.ac.id/blog/menuju-akreditasi-unggul-prodi-al-quran-tafsir-program-doktoral-uinsa-di-asesmen-lapangan.
BAN-PT. (2024). Daftar asesor program studi 2024.
Daqu, H. (2024). Dewan asatidz pesantren tahfizh Daarul Qur’an Surakarta. Diakses dari https://pesantrentahfizhdqs.id/dewan-asatidz/.
FUD. (2024). Laporan suplemen konversi peringkat akreditasi Prodi IAT. Diakses dari https://fud.uinsaid.ac.id/profil/daftar-dosen/.
Gorontalo, H. I. S. A. (2022). Asesmen lapangan daring akreditasi Prodi Ilmu Qur'an dan Tafsir. Diakses dari http://web.iaingorontalo.ac.id/asesmen-lapangan-daring-akreditasi-prodi-ilmu-quran-dan-tafsir/.
Hidayat, S. (2022). Sistem pembelajaran di perguruan tinggi. Al Qalam, 19(93).
Hikmawat, A. (2022). RPS IAT mata kuliah sejarah dan pengantar Ulumul Qur’an. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, UIN Raden Mas Said Surakarta.
Hikmawati, A. (2006). Manajemen pembelajaran dengan model Makkiyah Madaniyyah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (Studi kasus di MA Al-Muayyad Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Humas Masjiduna.Com. (2019). 10 calon rektor IAIN Surakarta ikuti seleksi di Jakarta. Diakses dari https://masjiduna.com/2019/09/12/10-calon-rektor-iain-surakarta-ikuti-seleksi-di-jakarta/.
Humas Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Idaqu. (2023). Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir Idaqu melaksanakan asesmen lapangan BAN-PT. Diakses dari https://ushuluddin.idaqu.ac.id/tag/iat/.
IAT. (2024a). Profil program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Diakses dari https://iat.uinsaid.id/profil/.
IAT. (2024b). Profil program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, UIN Raden Mas Said Surakarta.
IAT. (2024c). Visi-misi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Diakses dari https://iat.uinsaid.id/visi-misi/.
Mazna, U., Nazirah, F., Farhana, I., & Marsitah, I. (2024). Perencanaan pembelajaran yang interaktif menumbuhkan critical thinking siswa. Jurnal Pendidikan, 4, 1–10.
NU Online. (2006). Diminta kenalkan NU sebagai Islam moderat. Diakses dari https://nu.or.id/warta/diminta-kenalkan-nu-sebagai-islam-moderat-lRGqY.
NU Online. (2020). Innalillahi, KH Aminuddin Al-Muayyad Solo wafat. Diakses dari https://www.nu.or.id/obituari/innalillahi-kh-aminuddin-al-muayyad-solo-wafat-t6YtU.
Palembang, H. S. A.-L. (2022). Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir STIQ Al-Lathifiyyah raih akreditasi baik dari BAN-PT. Diakses dari https://www.stiqlathifiyyah.ac.id/2022/04/prodi-ilmu-al-quran-dan-tafsir-stiq-al.html.
Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. (2024a). Profil Abdul Matin bin Salman. Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Kemendikbud.
Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. (2024b). Profil Ari Hikmawati. Diakses dari https://pddikti.kemdikbud.go.id/search/ari%20hikmawati.
Rahman. (2022). Pendidikan holistik (konsep dan implementasi dalam pendidikan). Uhamka Press.
Ristekdikti. (2015). Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, 1952, 59–77.
Saidek, A. R. (2022). Pengembangan bahan ajar pendidikan kewarganegaraan dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Pengembangan Bahan, 517–525.
Salman, A. M. Bin. (2022). RPS Prodi IAT mata kuliah Kaidah Bahasa (Grammar) al-Qur’an. Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, UIN Raden Mas Said Surakarta.
Schollar, G. (2024). Abdul Matin bin Salman. Diakses dari https://scholar.google.com/citations?user=ZwF1-z0AAAAJ&hl=id.
Schollar, G. (2024). Ari Hikmawati. Diakses dari https://scholar.google.co.id/citations?user=vVpktX4AAAAJ&hl=en.
Setyosari, P. (2019). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30.
Sinta. (2024). Abdul Matin bin Salman. Diakses dari https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6005056.
Sinta. (2024). Ari Hikmawati. Diakses dari https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6005487/?view=googlescholar.
Suja, I. W. (2019). Pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha, 1–9.
Tasikmalaya, H. S. A.-H. (2021). Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir STIT Al-Hidayah Tasikmalaya terakreditasi baik. Diakses dari https://stai-alhidayah.ac.id/prodi-ilmu-al-quran-dan-tafsir-stit-al-hidayah-tasikmalaya-terakreditasi-baik.