Peran Evaluasi dalam Meningkatkan Standar Pendidikan di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.61132/sabar.v2i3.1057Keywords:
Educational Evaluation, Digital Era, Educational Standards, Learning TechnologyAbstract
Educational evaluation plays a crucial role in improving educational standards, especially in the digital era characterized by advancements in information technology. This study aims to identify how effective evaluation can enhance the quality of education through the use of digital tools. The method used is qualitative descriptive with a literature review approach, where data is collected through analysis and description of information from various sources, including books and journal articles. The results indicate that digital-based evaluations, such as the use of online platforms and assessment applications, improve the accuracy and efficiency in collecting student learning data. Additionally, formative evaluations conducted continuously provide constructive feedback, enhance student motivation, and allow for curriculum adjustments that are more responsive to learning needs. Challenges faced, such as evaluator subjectivity and technological access gaps, were also identified but can be addressed through training and capacity building for educators and students.
References
Adjiji, F. D., Mulyono, E. R., & Zaki, M. (2025). Evaluasi pendidikan dalam pembelajaran bahasa Arab: Prosedur, fungsi dan manfaat. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 4(1), 62–73.
Alfath, A., Usman, A., & Utomo, A. P. (2023). Analisis motivasi belajar siswa dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2). https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1250
Andayani, T., & Madani, F. (2023). Peran penilaian pembelajaran dalam meningkatkan prestasi siswa di pendidikan dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4402
Arlen, Syafitri, A., & Zulmuqim. (2023). Mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi evaluasi program pendidikan di satuan pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28933–28940.
Arofah, E. F. (2021). Evaluasi kurikulum pendidikan. Jurnal Tawadhu, 5(2), 218–229.
Astuti, M., & Mardiah. (2022). Evaluasi pendidikan (1st ed.). Deepublish Publisher.
Azmiy, M. U., Saihan, & Muhith, A. (2024). Evaluasi pendidikan perspektif Islam: Pendekatan holistik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 53–66. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i1.15918
Bagaskara, F. R., Pahrudin, A., & Jatmiko, A. (2024). Evaluasi kurikulum dan pembelajaran PAI dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar di era digital. Badaa, 5(2), 341–351. https://doi.org/10.37216/badaa.v6i2.1748
Choiroh, M. (2021). Evaluasi pembelajaran bahasa Arab berbasis media e-learning. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554
Dari, S. W., Ulayya, S., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2025). Evaluasi perbandingan metode pembelajaran digital dan konvensional: Strategi meningkatkan prestasi siswa dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan, 6(1), 2224–2233.
Djibu, R. (2021). Evaluasi pendidikan nonformal (B. A. Laksono, Ed.; 1st ed.). Bayfa Cendekia Indonesia.
Ervianti, & Simega, H. B. (2025). Peningkatan kompetensi guru dalam penyusunan rencana pembelajaran berbasis digital. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 56–64. https://internationalinstituteofresearch.org/journal/index.php/EL/article/view/7
Fadli, M. R., Hizbulloh, P., Loji, N. S., M, F. A., Sukman, S., Pendidikan, M., Islam, A., Pascasarjana, P., & Sorong, I. (2024). Tantangan dalam evaluasi pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7461, 7461–7468.
Faujah, H., Mulyani, R. D., Ananda, R., & Witarsa, R. (2022). Analisis standar penilaian pendidikan dasar: Studi literatur review. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 7(3), 90. https://doi.org/10.26737/jpdi.v7i3.3425
Fitria, N. A., Julyanur, M. Y., & Widyanti, E. (2024). Analisis langkah-langkah evaluasi dalam proses belajar mengajar. QAZI: Journal of Islamic Studies, 1(1), 37–46.
Fitria, N. A., Julyanur, M. Y., & Widyanti, E. (2024). Langkah-langkah evaluasi pembelajaran. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 4(3), 285–294. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1572
Gultom, Y. M., Syahputra, F., & Syahrial, S. (2024). Pengaruh evaluasi pembelajaran terhadap kualitas pembelajaran guru di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 8. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.543
Gusvita, A., Ritonga, M., & Nasrul, W. (2020). Penggunaan Google Form sebagai media evaluasi pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batang Anai. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(2), 224–234.
Habibah, N., Aulia, C. N., & Widyanti, E. (2024). Analisis langkah-langkah evaluasi dalam proses belajar mengajar. Jurnal Pendidikan Islam, 1, 29–39.
Hakim, A. N., & Yulia, L. (2024). Dampak teknologi digital terhadap pendidikan saat ini. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3(1), 145–163. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Magdalena, I., Ismawati, A., & Amelia, S. A. (2021). Penggunaan evaluasi non-tes dan kesulitannya di SDN Gempol Sari. PENSA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 187–199. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Magistra, J. (2022). Strategi membangun karakter anak sekolah dasar pasca pandemi Covid-19. Jurnal Magistra, 13(1).
Malasari, T., Hadizah, S., Titania, N., Permata, R., & Ramadhani, S. (2024). Pengaruh evaluasi pembelajaran terhadap peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII pada SMP Swasta Ar-Rahman. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 743–751.
Maulida, S., Fatma, S. N., Fajriyah, D. T., Zahroturrosyidah, R., Hidayat, R. R., & Nahriyah, A. (2023). Analisis hasil evaluasi melalui pemberian skor tes objektif dan essay serta buku catatan lengkap dan tidak lengkap. Jurnal Ilmiah Keislaman, 9(1), 2302–4801.
Padilah, M. P. S. J., Nufus, H., Mortini, A. V., & Juansa, A. (2025). Evaluasi pendidikan (I. K. N. & A. Juansa, Eds.; 1st ed.). PT. Star Digital Publishing.
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi evaluasi pembelajaran di kelas. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 3(2). https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262
Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan Bahasa Indonesia di era digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society, 3(3). https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i3.619
Rahmawati, I. S. (2023). Evaluasi program pendidikan: Tinjauan terhadap efektivitas dan tantangan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 128–136. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.20229
Ramadhani, T., Aulia, T. H., & Anastasya, S. D. (2025). PGSD Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal PGSD, 10, 467–481.
Ridho Aliffiansyah, M. (2024). Tantangan dan strategi dalam proses evaluasi pembelajaran: Pandangan terkini dan prospek di masa depan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 213–225. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16068
Riinawati. (2021). Pengantar evaluasi pendidikan. In Publishing.
Sidik, F., & Rasyid, M. N. A. (2023). Evaluasi program praktik lapangan persekolahan dengan menggunakan model CSE-UCLA. Jurnal Pendidikan Islam, 19(2), 121–130.
Siska, J., Herlina, Y., & Cianstury, I. (2025). Pelatihan penggunaan teknologi, inovasi dan evaluasi. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 4(1), 115–120.
Solichin, M. M. (2007). Pengembangan evaluasi pendidikan agama Islam berbasis ranah afektif. Tadris, 2, 76–91.
Sun’iyah, S. L. (2020). Media pembelajaran daring berorientasi evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran PAI di tingkat pendidikan dasar. Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 7(1), 1–18.
Sunaryati, T., Laelly, T. A., Febriyanti, U., & Apriliani, F. (2024). Analisis komprehensif terhadap jenis-jenis evaluasi pembelajaran sekolah dasar: Tinjauan literatur. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(4).
Wardani, A. P. K., Rahmah, S. A., Ramadani, F., & Inayati, N. L. (2024). Pengaruh evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah Kartasura. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 2(1), 574–576. https://doi.org/10.57235/jleb.v2i1.1935
Wardani, H. K., Darusuprapti, F., & Hajaroh, M. (2022). Model-model evaluasi pendidikan dasar (Scriven model, Tyler model, dan Goal Free Evaluation). Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 6(1), 36. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i1.446
Widodo, H. (2021). Evaluasi pendidikan (B. Ashari, Ed.; 1st ed.). UAD PRESS.