Optimalisasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Pada SMP Negeri 4 Pagaran
DOI:
https://doi.org/10.61132/sukacita.v2i2.748Keywords:
Pedagogical Competence, Christian Religious Education Teachers, Problem-Based Learning MethodsAbstract
This study aims to explore the optimization of pedagogical competence of Christian Religious Education (PAK) teachers in the application of problem-based learning (PBM) methods at SMP Negeri 4 Pagaran, North Tapanuli Regency. Teachers' pedagogical competence has a crucial role in designing and implementing effective learning processes, especially in the context of implementing PBM methods that aim to improve students' critical thinking and problem-solving skills. This study uses a qualitative research method with a library approach from book and journal theories to explore information on how PAK teachers implement their pedagogical competence in PBM. The results of the study indicate that PAK teachers at SMP Negeri 4 Pagaran have optimized their pedagogical competence in adapting the PBM method by focusing on the characteristics of student development which is carried out with a more personal approach. This study concludes that increasing training and development of pedagogical competence for PAK teachers through the application of PBM methods is very effective in improving the quality of learning at SMP Negeri 4 Pagaran.
References
Amaludin, L. (2022). Model pembelajaran problem base learning penerapan dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar. Pascal Books.
Amin, Y. A., & Murtiyasa, B. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 5(1), 49–65. https://doi.org/10.30659/kontinu.5.1.49-65
Anggiana, A. D. (2019). Implementasi model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa: Pembelajaran berbasis masalah: Problem based learning: Pemecahan masalah. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 56–69. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061
Astutik, F. (2023). Integrasi model problem based learning pada pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar untuk mewujudkan school well-being di era merdeka belajar. Penerbit NEM.
Berek, F. (2024). Analisis deskriptif kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Kristen di era masa kini. SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 5(2), 352–367. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v5i2.273
Kuanine, M. H., & Harefa, S. (2022). Urgensitas kompetensi pedagogik guru PAK terhadap efektivitas belajar siswa. SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 3(2), 143–160. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v3i2.77
Lahope, T., Hasibuan, N., Jenesa, A. G., Pandjaitan, T. O., & Laoli, S. (2024). Strategi peningkatan kualitas kompetensi profesional guru PAK di era Society 5.0. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 14(1), 149–174. https://doi.org/10.46495/sdjt.v14i1.277
Mahrus, M. (2021). Manajemen kurikulum dan pembelajaran dalam sistem pendidikan nasional. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 41–80. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.59
Masri, M. F., Suyono, S., & Deniyanti, P. (2018). Pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap self-efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2990
Minggus, M. (2023). Penerapan metode coaching untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Kristen. SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 4(2), 144–158. https://doi.org/10.53687/sjtpk.v4i2.128
Musfah, J. (2012). Peningkatan kompetensi guru: Melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Kencana.
Nainggolan, E. T. A., Tambunan, A. M., Panggabean, J. Z. Z., Ardiansyah, W., Putra, P. P., Aspiyana, T., Rahmawati, A., Azhari, D. S., Suhirman, L., Haluti, F., & Sari, I. K. (2024). Manajemen pendidikan: Pengelolaan SDM untuk meningkatkan standar pendidikan. PT. Green Pustaka Indonesia.
Nur, A. M. I. T. A., & Syarif. (2018). Model pembelajaran problem posing & solving: Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. CV Jejak (Jejak Publisher).
Panggabean, J. Z. Z. (2018). Profesionalitas guru pendidikan agama Kristen pada sikap mengimplementasikan kurikulum. Jurnal Christian Humaniora, 2(2), 99–113.
Panggabean, J. Z. Z. (2022a). Pendidikan Kristiani transformatif: Kritik terhadap kurikulum katekisasi gereja berdasarkan filsafat pedagogi Paulo Freire. DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 7(1), 330–348. https://doi.org/10.30648/dun.v7i1.726
Panggabean, J. Z. Z. (2022b). Virtue dalam pendidikan karakter Kristiani. DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 6(2), 691–707. https://doi.org/10.30648/dun.v6i2.671
Raharjo, D. (2018). Pembelajaran berkarakteristik inovatif abad 21 pada materi kemandirian karir peserta didik dengan metode pembelajaran berbasis masalah (PBL) di SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 87–104. https://doi.org/10.24905/cakrawala.vi0.170
Reed, S. S., Mullen, C. A., & Boyles, E. T. (2021). Problem-based learning in elementary school: What strategies help elementary students develop? Springer.
Rumahorbo, A. S., & Simanjutntak, F. (2024). Implementasi model pembelajaran problem based learning dalam pendidikan agama Kristen untuk meningkatkan critical thinking generasi digital. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 6694–6701. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29162
Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Anwar, Z. (2020). Strategi pembelajaran problem based learning. Yayasan Barcode.
Sianturi, R. B., Bangun, & Butarbutar, I. (2024). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran agama Kristen kelas X di SMA Gajah Mada Medan. Jurnal Eksplorasi Teologi, 8(10).
Syamsinar, S. (2024). Model pembelajaran problem based learning (PBL) - 4C. CV. Ruang Tentor.
Tarihoran, E., Darianto, & Kurniantono, M. E. K. (2022). Optimalisasi kompetensi pedagogis calon guru agama Katolik melalui micro teaching. Sapa: Jurnal Kateketik dan Pastoral, 7(2), 166–180. https://doi.org/10.53544/sapa.v7i2.360
Tompira, M. I., Stefanus, T. A., & Windarti, M. T. (2024). Pengembangan pembelajaran inovatif pendidikan agama Kristen berdasarkan Efesus 2:10 untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di sekolah Kristen Kota Palu, Sulawesi Tengah di era digital. Nubuat: Jurnal Pendidikan Agama Kristen dan Katolik, 1(4), 165–174. https://doi.org/10.61132/nubuat.v1i4.383
Wabdaron, D. Y., & Reba, Y. A. (2020). Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode pembelajaran berbasis masalah siswa sekolah dasar Manokwari Papua Barat. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 27–36. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.412
Warsini. (2024). Model problem based learning (PBL) dalam pembelajaran sejarah. CV. Ruang Tentor.
Zebua, F. S. (2023). Kompetensi guru agama Kristen untuk pembelajaran di era digital. EKKLESIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 1(2), 120–132.