Pengaruh Program Tahfidz Weekend terhadap Pembentukan Karakter Santri
Studi Kasus di Rumah Qur’an Ali Hikmah Sangatta
DOI:
https://doi.org/10.61132/akhlak.v2i3.862Keywords:
Character Formation , Islamic Education, Moral Degradation, Tahfidz Al-Qur’an, Weekend Tahfidz ProgramAbstract
The Weekend Tahfidz Program at Ali Hikmah Qur’an House in Sangatta is one of the efforts to shape students’ character through memorization and application of the values of the Qur’an. This study is motivated by the moral degradation among the younger generation influenced by globalization and technology, making character education increasingly important to implement. The purpose of this research is to determine the extent of the influence of the Weekend Tahfidz Program on the character formation of the students. The research method used a quantitative approach with simple linear regression analysis. The research population consisted of 45 students who served as the sample. The results showed that the Weekend Tahfidz Program variable (X) had a positive effect on students’ character (Y), with a correlation coefficient of 0.4108 and a t-test result of 2.9547 (> 1.6810), indicating a significant influence. In addition, the contribution of this program to character formation reached 16.87%. Thus, the Weekend Tahfidz Program has a positive impact, although not dominant, and therefore should be developed alongside other factors to strengthen the character formation of the students.
Abstrak. Program Tahfidz Weekend di Rumah Qur’an Ali Hikmah Sangatta merupakan salah satu upaya pembentukan karakter santri melalui penghafalan dan penerapan nilai-nilai Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh degradasi moral generasi muda yang dipengaruhi oleh globalisasi dan teknologi, sehingga pendidikan karakter menjadi penting untuk diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Program Tahfidz Weekend terhadap pembentukan karakter santri. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Populasi penelitian berjumlah 45 santri sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Program Tahfidz Weekend (X) berpengaruh positif terhadap karakter santri (Y), dengan koefisien korelasi sebesar 0,4108 dan hasil uji t sebesar 2,9547 (> 1,6810), yang berarti pengaruh tersebut signifikan. Selain itu, kontribusi program ini terhadap pembentukan karakter mencapai 16,87%. Dengan demikian, Program Tahfidz Weekend memberikan dampak positif meskipun tidak dominan, sehingga perlu dikembangkan bersama faktor lain untuk memperkuat pembentukan karakter santri.
References
Al-Dausary, M. (2019). Menghafal Al-Qur’an: Adab dan Hukumnya (M. I. Zainuddin, Trans.). Alukah.
Ambarwati, A., & Sudirman. (2023). Pengantar Memahami 18 Nilai Pendidikan Karakter. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Andrianie, S., & Arofah, L. (2021). Karakter Religius: Sebuah Tantangan dalam Menciptakan Media Pendidikan Karakter. Qiara Media.
Bahruddin. (2022). Al-Qur’an dan Cara Menghafalnya. CV. Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/409013-al-quran-dan-cara-menghafalnya-823496b8.pdf
Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. CV. Alfabeta.
Mustoip, S., & Japar, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Jakad Publishing.
Prathiwi, S., & Syamsudin, A. (2022). Pengaruh Tahfidz Metode Talaqqi Online Terhadap Pengenalan Hijaiyah TK Program Tahfidz Sleman. Jurnal Obsesi, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1232.
Ramadi, B. (2021). Buku Panduan Tahfizh Qur’an Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara. UIN Sumatera Utara Medan.
Ridwan, M. (2019). Pengaruh Program Tahfidz al-Qur’an terhadap Efektivitas Belajar al-Qur’an Hadis Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa. Institut Agama Islam Negeri Parepare.
Sani, R. A. (2016). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. PT. Bumi Aksara.
Shobirin, M. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami. Quality, 6(1), 16–30. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5966.
Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam Sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1). https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/214/193
Sisvani. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Religius melalui Pembiasaan Sholat Dzuhur Berjamaah dan Tadarus Al-Qur’an di SD Negeri 1 Tanalum Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.
Yunus, B. M., Zulaeha, E., & Sulaeman, E. (2019). Model Pengelolaan Pesantren Tahfidz Al-Qur’an: Desain dan Implementasi Program Tahfidz di Pesantren (Muslih, Ed.). LP2I IAI Bunga Bangsa Cirebon.