Peran pengajar Pendidikan Agama Katolik di SLB-A Karya Murni Medan

Authors

  • Diyah Nurhayati
  • Latifah Latifah
  • Mailatul Muyassaroh

DOI:

https://doi.org/10.61132/berkat.v1i3.81

Keywords:

Catholic Religious Education Teacher, SLB-A Karya Murni Medan, inclusive education, student morality

Abstract

This research examines the important role of Catholic Religious Education teachers at SLB-A Karya Murni Medan. Catholic Religious Education not only provides an understanding of Catholic religious doctrine and values, but also shapes students' character and morality with an approach that suits their special needs. This study uses a qualitative approach to explore how Catholic Religious Education teachers at SLB-A Karya Murni Medan carry out their role in supporting the spiritual and social development of students with various learning challenges.

 

References

Baraga, Bower. 1983. Pendidikan Anak Tunanetra. Yogyakarta: Pustaka Abadi.

Burhan, Bungin. 2007. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana Rosdakarya.

Dapiyanta. FX. 2014. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Di Sekolah. Yogyakarta: USD

Dapiyanta. FX. 2014. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti. Jakarta: Gunung Mulia.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1992. Kurikulum Sekolah Menengah. Jakarta: Depdikbud

Drost. 1998. Sekolah Mengajar atau Mendidik?. Yogyakarta: Kanisius

Groome, Thomas H. 2010. Chirstian Religious Education. (terjemahan Daniel Stefanus). Jakarta: Gunung Mulia.

Hamzah. B. Uno. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara

http://bintang bangsaku.com/artikel/2009/02/anak_tunanetra/. Diakses tgl 12-05-2018.Pkl 12.00. WIB

http://slurpps.wordpres.com /2010/10/03//organisasi. Diakses tgl 15-06-2018. Pkl 15.00

https://id. Wikipedia.org/wiki/Anak_berkebutuhan_khusus. Diakses tgl 10-05- 2018. Pkl 12.30 WIB

https://www.bimaskatolik.com/news2.php?op// Petingnya pendidikan agama katolik di sekolah. Diakses tgl 12-06- 2018 . Pkl 15.00.

Komisi Kateketik KWI. 1999. Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP). Jakarta : Komkat KWI

Konstitusi dan Direktorium Kongregasi Suster St. Yosep (KSSY) Medan : 2003. Medan, Sumatera Utara.

Kunjana Rahardi. 2005. Guru Masa Kini Harus Jadi Ilmuwan Sejati. Yogyakarta: Kanisius

Luthfiyah, Fitwi. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Kanisius

Malik Fadjar, A. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003: Tentang Pendidikan Nasional . Jakarta: Mendiknas.

Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja

Nina Komala. 1992. Kemampuan Mengajar Agama Katolik.Yogyakarta: Pusat Pastoral.

OSCO.R. Sebastian. 1998. Guru Yang Digugu dan Ditiru. Rohani, No.0218, 138-145

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

SJ. Jacobs Tom. 1985. Sikap Dasar Kristiani.Yogyakarta: Kanisius

SJ. Setyakarjana. 1997. Arah Katekese di Indonesia. Yogyakarta: Pusat Kateketik.

Sugiono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supriyati, Yulia. 2001. Pengantar Pendidikan. Diktat Mata Kuliah untuk Mahasiswa Semester I, Ilmu Pendidikan Kekhususan Pendidikan Agama Katolik Univesitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sutjihti Somantri. 2012. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama

Tim Penyususn Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Usman, Moh. Uzer. 1996. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 10

W.S. Winkel.1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia

Wina Sanjaya. 2012. Perencanaan Dan Desain Sitem Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Diyah Nurhayati, Latifah Latifah, & Mailatul Muyassaroh. (2024). Peran pengajar Pendidikan Agama Katolik di SLB-A Karya Murni Medan. Berkat : Jurnal Pendidikan Agama Dan Katolik, 1(3), 50–62. https://doi.org/10.61132/berkat.v1i3.81

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.