PAK Sebagai Agen Perubahan dalam Masyarakat Majemuk: Perspektif Kultural dan Sosial

Authors

  • Yurniman Ndruru Sekolah Tinggi Theologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
  • Yurlina Ndruru Sekolah Tinggi Theologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
  • Indri Purnama Putri Harefa Sekolah Tinggi Theologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
  • Semuel Linggit Topayung Sekolah Tinggi Theologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61132/damai.v1i4.183

Keywords:

Agency, Change, Integration, Cultural

Abstract

This article examines the role of "Pak" as a change agent in a multicultural society from both cultural and social perspectives. In societies characterized by ethnic, cultural, and religious diversity, individuals or groups known as Pak often play a crucial role in facilitating integration and social development. The study explores how Pak functions as a mediator, leader, and driver of social change, addressing the challenges that arise from such diversity. The article focuses on Pak’s involvement in developing inclusive policies, enhancing communication between different groups, and promoting values of tolerance and unity. By analyzing relevant case studies and literature, the article identifies various strategies employed by Pak to improve social well-being and strengthen community cohesion. The findings are intended to provide valuable insights into how change agents like Pak can influence social dynamics in multicultural societies and offer practical recommendations for supporting social integration.

References

Agustian, M. (2019). Pendidikan Multikultural. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Agustian, M. (2019). Pendidikan Multikultural. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

asis, a. (2022). implementasi moderasi beragama melalui pembelajaran pendidikan agama di sekolah menengah pertama negeri 3 mengkendek kabupaten tana toraja (doctoral dissertation, institut agama islam negeri (iain) palopo).

batu, j. s. l., & sihotang, d. o. (2022). peran guru pendidikan agama katolik dalam memerangi radikalisme di smp swasta santo xaverius 2 kabanjahe. jpak: jurnal pendidikan agama katolik, 22(1), 116-135.

Casram, C. (2016). Membangun sikap toleransi beragama dalam masyarakat plural. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 1(2), 187-198.

djoys anake rantung, “pendidikan agama ksriten dan politik dalam kehiupan masyarakat majemuk di indonesia- google search” shaman jurnal pendidikan agama kristen 1. no 2 (2017): 58-60

Ermindyawati, L. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, ISSN, 2621-8151.

harahap, j. c., berutu, d. a. s. p., & pasaribu, a. g. (2024). peranan pak remaja dan pemuda: toleransi di lingkungan majemuk dan moderasi beragama pemuda (yakobus 3: 16 dan roma 15; 1-2) kelas 11 semester genap. jurnal pendidikan sosial dan humaniora, 3(2), 1303-1308.

hayani, r. a. (2020). pendidikan karakter dalam konteks masyarakat multikultural. jurnal pendidikan karakter jawara (jujur, adil, wibawa, amanah, religius, akuntabel), 6(1).

humaedi, m. a. (2016). etnografi bencana; menakar peran para pemimpin lokal dalam pengurangan resiko bencana. lkis pelangi aksara.

indonesia, k. b. b. (2016). kementerian pendidikan dan kebudayaan republik indonesia. diakses pada senin, 12.

Isnawati, S., & Rumah, P. P. Sosiologi: Kelas X. Penerbit Pustaka Rumah C1nta.

Muchlis, M. (2020). Model komunikasi sosial-keagamaan pemerintah dan tokoh agama dalam mengatasi konflik.

nasdian, f. t. (2014). pengembangan masyarakat. yayasan pustaka obor indonesia.

Nasution, F., Azzahra, A. R., Ginting, C. S., & Amalia, M. (2023). Diversitas Sosiokultural: Penjelasan, Faktor, dan Manfaatnya dalam Masyarakat. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2), 249-258.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).

nomor, p. p. r. i. (55). tahun 2007 tentang pendidikan agama dan pendidikan keagamaan. online: http://kemenag. go. id/file/dokumen/pp5507. pdf. diakses, 13.

Prasetio, B. (2020). Pembubaran Hizbut Tahrir di Indonesia dalam Perspektif Sosial Politik. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 19(2), 251-264.

prayitno, ujianto singgih. pancasila dan perubahan sosial: perspektif individu dan struktur dalam dinamika interaksi sosial. aspirasi: jurnal masalah-masalah sosial, 2014, 5.2: 107-117.

ramba, a., tambing, a. l., & karmila, y. r. (2024). misiologi sebagai alat transformasi sosial dalam pendidikan agama kristen. adiba: journal of education, 4(4), 625-635.

rantung, d. a. (2019). pendidikan agama kristen untuk keluarga menurut pola asuh keluarga ishak dalam perjanjian lama. jurnal shanan, 3(2), 63-76.

Saddam, S., Mubin, I., Sw, D. E. M., Sulystyaningsih, N. D., Rahmandari, I. A., & Risdiana, R. (2020). Perbandingan Sistem Sosial Budaya Indonesia Dari Masyarakat Majemuk Ke Masyarakat Multikultural. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 136-145.

saragih, e. s. (2019). fungsi gereja sebagai entrepreneurship sosial dalam masyarakat majemuk. kurios (jurnal teologi dan pendidikan agama kristen), 5(1), 12-23.

Saragih, R. (2022). Kajian pendidikan agama kristen terhadap kepribadian siswa sma negeri 1 silimakuta saribudolok. sihombing, z. a., & pasaribu, a. g. (2023). pendekatan pak dalam pembentukan karakter remaja. jurnal pendidikan sosial dan humaniora, 2(3), 10615-10630.

sitanggang, e. (2019). kepemimpinan guru pak dalam pembentukan karakter siswa. ginosko: jurnal teologi praktika, 1(1), 43-56.

Stevanus, K., & Yulianingsih, D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Anak Usia Dini. PEADA': Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 15-30.

Suparlan, P. (2004). Masyarakat majemuk, masyarakat multikultural, dan minoritas: Memperjuangakan hak-hak minoritas. In Workshop Yayasan Interseksi, Hak-Hak Minoritas Dalam Landscape Multikultural, Mungkinkah Di Indonesia.

Susilo, S. (2023). Pergeseran Pola Keberagamaan Masyarakat di Kampung Inggris Pare Pasca Terjadinya Perubahan Struktur Sosialnya. Empirisma: Jurnal Pemikiran dan Kebudayaan Islam, 32(2), 167-192.

Tuju, S., Siahaan, H. E. R., Ayok, M., Siagian, F., & Sampaleng, D. (2021). Hospitalitas pendidikan kristiani dalam Masyarakat Majemuk. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 344-355.

Waruwu, c. S. M., karokaro, s. U., jarang, a. K. M., & babawat, h. (2024). Pendidikan agama kristen dalam masyarakat majemuk: membangun kepemimpinan dan nilai-nilai kristen. Inculco journal of christian education, 4(2), 123-138.

Downloads

Published

2024-11-06

How to Cite

Yurniman Ndruru, Yurlina Ndruru, Indri Purnama Putri Harefa, & Semuel Linggit Topayung. (2024). PAK Sebagai Agen Perubahan dalam Masyarakat Majemuk: Perspektif Kultural dan Sosial. Damai : Jurnal Pendidikan Agama Kristen Dan Filsafat, 1(4), 41–59. https://doi.org/10.61132/damai.v1i4.183