Disleksia dan Literasi Digital : Implementasi Media Digital dalam Bimbingan Membaca

Authors

  • Alfi Khoiriyah STAI Muhammadiyah Blora
  • Dwi Nafiatun Nisaus Sholikah STAI Muhammadiyah Blora
  • Qoiril Anif STAI Muhammadiyah Blora
  • Yeri Utami STAI Muhammadiyah Blora

DOI:

https://doi.org/10.61132/karakter.v2i2.560

Keywords:

Guidance, Reading Difficulties

Abstract

Reading difficulties or dyslexia are learning disorders that affect a person's ability to recognize letters, words, or texts accurately and quickly. This study aims to identify effective guidance methods in helping individuals with dyslexia overcome their challenges. The research approach used is qualitative with a literature study method, which includes an analysis of various sources of theory and practice related to dyslexia. The results of the study indicate that the theory of dyslexia consists of the Phonology theory and the Double Deficit Theory. Teaching methods for children with dyslexia, namely the Fernald method, the Gilingham method, the Grass Analysis method, the Hegge-Kirk-Kirk method and the Neurological Impress method, personalized guidance, early intervention, the use of assistive technology, and a multisensory approach can improve the reading ability of individuals with dyslexia. These findings are expected to be a reference for educators, parents, and practitioners to develop more inclusive and effective guidance strategies in supporting the development of children with dyslexia.

References

Ade, A., Nawa, L. F., Rajak, R., Ilham, P. A., & Tonra, W. S. (2023). Strategi pembelajaran anak disleksia di SDN 44 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1). https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.5725

Amaliah, T., Tisnasari, S., & Setiawan, S. (2023). Kesulitan membaca dan menulis pada siswa berkesulitan belajar di kelas tinggi SD Negeri Bojong Baru. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 367–382. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2268

Kurniawan, A. R. (2020). Efektivitas metode Gillingham untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kesulitan belajar kelas III SD N 01 Limau Manis Padang.

Berkesulitan, A., Di, B., Sidowareg, S., & Kediri, P. (n.d.). Pengaruh penggunaan metode analisis Glass terhadap kemampuan membaca permulaan.

Bujangga, H., & Takengon, I. (n.d.). Metode reading aloud dalam membantu siswa. Journal of Primary Education PGMI IAIN Lhokseumawe, 3.

Cahyono, H., Rumyati, S., Pendidikan, B., Guru, P., Dasar, S., Setiabudhi, S., Budi, R. J., No, U., & Pendidikan, K. (2022). Penerapan metode Fernald untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak kesulitan membaca di Sekolah Dasar Negeri 02 Mauara Ciujung Barat 1. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 6(1). https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd

Fitri, D., Selfiyana, S., Rakhmatika, I., Afifah, N., Handiawan, D., Prayogi, A., & Abdurrahman Wahid Pekalongan, U. K. (2024). Penggunaan media pembelajaran digital dalam meningkatkan keterampilan literasi peserta didik di MA Pembangunan Jakarta, 2(6). https://journal.institercom-edu.org/index.php/multiple

Dwi, K., & Cahyono, R. (2022). Efektivitas metode Fernald untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak anggota Polri penyandang disleksia. Jurnal Litbang Polri, 25(3). https://doi.org/10.46976/.v25i3.193

Faizin, I. (2020). Strategi guru dalam penanganan kesulitan belajar disleksia, 7.

Witono, H. A. (2024). Kesulitan belajar membaca anak disleksia kelas 4 di SDN 31 Cakranegara. Renjana Pendidikan Dasar, 4(1).

Hasanah, C. W., Khairun, Y., & Nurmala, M. D. (2021). Kesulitan belajar membaca (disleksia) dan alternatif penanganannya, 8.

Rifa, H. (2023). Aplikasi teori fonologi pada penanganan anak berkebutuhan khusus (ABK) disleksia dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas 8 SMP Islam Sabilurrosyad Malang.

Loeziana. (2022). Urgensi mengenal ciri disleksia.

Mahfud, S., Pristiani, Y. D., & Suratman. (2022). Pendidikan wawasan kebangsaan di Pondok Pesantren Lirboyo dalam upaya menangkal radikalisme. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 7(2), 70–79. https://doi.org/10.29407/pn.v7i2.18493

Nofitasari, A., & Ernawati, N. (n.d.). Proseding Seminar Nasional PGSD UPY dengan tema strategi mengatasi kesulitan belajar ketika murid Anda seorang disleksia: Teori dan metode pengajaran pada anak disleksia.

Primasari, I. F. N. D., & Supena, A. (2021). Meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia dengan metode multisensori di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1055

Ginting, R. L., Siburian, A. Y. K., Siantur, T. E., Sianturi, S. M., Ginting, N. B., & Pratiwi, S. A. (2023). Bimbingan konseling bagi anak cerdas istimewa dan kesulitan belajar (disleksia, disgrafia, diskalkulia).

Rahmawati, L. E., Purnomo, E., Hadi, D. A., Wulandari, M. D., & Purnanto, A. W. (2022). Studi eksplorasi bentuk-bentuk gejala disleksia pada anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2495

Fiantika, R. F., Wasil, M., & Jumiyati, S. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. www.globaleksekutifteknologi.co.id.

Sopiani, I. A., & Ardisal, A. (2022). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media video pembelajaran bagi siswa disleksia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2933

Wahyuni, H. (2020). Strategi neurological impress untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) disleksia dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas 8 SMP Islam Sabilurrosyad Malang.

Wijaya, A., Mulyawati, Y., & Hikmah, N. (2022). Penerapan metode multisensori berbantuan balok huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia di sekolah dasar inklusi. 13(2), 2022–2076. https://doi.org/10.21831/foundasia

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Alfi Khoiriyah, Dwi Nafiatun Nisaus Sholikah, Qoiril Anif, & Yeri Utami. (2024). Disleksia dan Literasi Digital : Implementasi Media Digital dalam Bimbingan Membaca . Karakter : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 153–163. https://doi.org/10.61132/karakter.v2i2.560

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.