Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Kejujuran pada Siswa SMP Islam Ngadirejo

Authors

  • Muchamad Iqbal Hanafi Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
  • H.Ahmad Zuhdi Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo
  • Salis Irvan Fuadi Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo

DOI:

https://doi.org/10.61132/moral.v2i2.1086

Keywords:

The role of teachers, iIslamic religious education, honesty

Abstract

The purpose of this study was to understand the role of Islamic Religious Education teachers in instilling values ​​in students of SMP Islam Ngadirejo, Temanggung and to identify factors that support and inhibit Islamic Religious Education teachers' efforts to instill honesty values ​​in students at SMP Islam Ngadirejo, Temanggung. This study used a qualitative field approach, namely a method in which researchers are directly involved in the research location to obtain in-depth data regarding the events or problems being studied. The results of the study are that the role of teachers plays a crucial role in the world of education, especially in instilling honesty values. This is considered important because teachers interact directly with students during the teaching and learning process, which is a strategic moment for teachers to instill honesty values ​​in students. The formulation of the problem in this thesis is: 1. What is the role of Islamic Religious Education teachers in instilling the value of honesty? 2. How is the implementation of Islamic Religious Education teachers in instilling the value of honesty to students at SMP Islam Ngadirejo, Temanggung? 3. What are the supporting and inhibiting factors of Islamic Religious Education teachers in instilling the value of honesty to students at SMP Islam Ngadirejo, Temanggung.

References

Achmad, S. (2021, 21 Agustus). Implementasi nilai kejujuran dalam pendidikan. Tarbawi: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 4(2).

Afi Parnawi, dkk. (2023). Penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan praktik salat siswa kelas IV di SD Al Azhar 1 Kota Batam. Riau: Journal On Education, 5(2).

Ahmad, A. M. (2024). Peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan perilaku jujur pada siswa di SMP Negeri 16 Semarang (Skripsi, UIN Walisongo).

Ahmad, S. (2016, 15 Juni). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1).

Aminudin & Harjan Syuhada. (n.d.). Al Qur’an Hadis Madrasah Tsanawiyah Kelas IX. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ani Jailani Jai, Chaerul Rochman, & Nina Nurmila. (2019, 26 November). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter jujur pada siswa. Al Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2).

Aris Abi Syaifullah et al. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/Mts kelas IX (Edisi 1). Surabaya: Inoffast Publishing.

Baetulloh, R., Haryanto, S., & Fuadi, S. I. (2024). Peran guru PAI dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Satu Atap Kalibening Banjarnegara. Journal of Student Research, 2(4), 56–61.

Dea Kiki Yestiani & Nabila Zahwa. (2020, 30 Maret). Peran guru dalam pembelajaran pada siswa sekolah dasar. FONDATIA, 4(1).

Departemen Pendidikan Nasional. (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi ke 4). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dewi Safitri. (2019). Menjadi guru profesional. Riau: PT Indragiri Dot Com.

Edi Harapan Messi. (2017). Menanamkan nilai nilai kejujuran di dalam kegiatan madrasa bersama. JMKSP, 1(1).

Gita Arlia. (2018, 30 Desember). Peranan guru pendidikan agama Islam dalam penanaman nilai nilai karakter siswa SMA Negeri 2 Sungai Keruh Musi Banyuasin. Muaddib: Islamic Education Journal, 1(1).

Hestia, A. H., dkk. (2013). Peranan guru dalam menanamkan nilai kejujuran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jati Agung tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Kultur Demokrasi, 1(6).

Ibrahim. (2015). Metodologi penelitian kualitatif: Panduan penelitian beserta contoh proposal kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Imam Purniawan. (2023). Peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai kejujuran pada siswa V di SD Negeri 2 Rawajitu Utara, Kabupaten Mesuji (Skripsi, IAIN Metro).

Kurniawan, N., dkk. (2022). Upaya guru bimbingan konseling dalam menangani kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Batur Banjarnegara. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 1–9.

Muhamad Fatkhur Rozak, Isfaiyatul Muhimmah, & Nofita Sari. (2025, Januari). Strategi guru PAI untuk menjadi teladan bagi siswa dalam menanamkan nilai kejujuran di SMK Wahid Hasyim Pucuk. Advanced Journal of Education and Religion, 2(1).

Muhammad Amin. (2017, 20 Juli). Peran guru dalam menanamkan nilai kejujuran pada lembaga pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1).

Muhammad Farid Mustofa & Ali Said. (2025). Metode guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kejujuran belajar siswa di SMPN 1 Sepulu Bangkalan Jawa Timur. Jurnal Studi Islam, 2(2).

Niswatul Khasanah. (2025, Februari). Peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan kesadaran hukum Islam pada siswa sekolah dasar Islam Pekanbaru. Al Mujahadah: Islamic Education Jurnal, 2(2).

Nuruni & Kustini. (2011). Experiental marketing, emotional branding, and brand. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7(1).

Rahmiaty. (2022). Instrumen penelitian: Panduan penelitian di bidang pendidikan (Cetakan ke 1). Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Riza Faishol et al. (2021, 1 April). Peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk akhlak siswa di MTs An Najahiyyah. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan), 5(2).

Rusandi & Muhammad Rusli. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Jurnal Al Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1).

Siswanto. (2018). Upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan sikap jujur siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Rabbi Radhiyyah Cawang Baru. Jurnal Paramurobi, 1(2).

Slameto. (2015). Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharputra, U. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.

Suryabrata, S. (2003). Metodologi penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Syifaul Adhimah. (2020). Peran orang tua dalam menghilangkan rasa canggung anak usia dini (Studi kasus di Desa Karangbong RT 06 RW 02 Gedangan Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Anak, 9(1).

Wardatud Dihniyah & Syamsuddin. (2025, Mei). Peran guru agama Islam dalam mengajarkan nilai nilai moral agamis di SMPN 1 Kwanyar Bangkalan Madura. Jurnal Ilmiyah Nusantara (JINU), 2(3).

Downloads

Published

2025-06-24

How to Cite

Muchamad Iqbal Hanafi, H.Ahmad Zuhdi, & Salis Irvan Fuadi. (2025). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Kejujuran pada Siswa SMP Islam Ngadirejo. Moral : Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 2(2), 299–308. https://doi.org/10.61132/moral.v2i2.1086

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.