Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Kristen
DOI:
https://doi.org/10.61132/pengharapan.v2i2.1008Keywords:
Christian Religious Education, Information Technology, Learning Models, Learning OutcomesAbstract
This study analyzes the influence of information technology (IT)-based learning models on the learning outcomes of Christian Religious Education (PAK) students. In the digital era, PAK is required to adapt in order to shape the character and spirituality of students. Using a qualitative literature study of the literature, it was found that models such as e-learning, blended learning, AI, interactive multimedia, and advanced LMS significantly improve learning outcomes. This improvement is driven by the flexibility of material access, motivation via interactivity and personalization, global collaboration, and the development of digital literacy and Christian ethics. Despite infrastructure and competency challenges, the strategic implementation of IT learning models has been proven to transform the PAK learning process, contributing to improving students' cognitive, affective, and psychomotor achievements.
References
Andriani, T. (2021). Sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu Sosial dan Budaya, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005
Arifia, G. (2022). Model pembelajaran MI berbasis teknologi informasi dan komunikasi (elektronik, internet, dan android). Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 1–5.
Gunawan, H. D., Tjiptosoewarno, I. Y., Tinggiteologi, S., Abdi, I., & Timur, J. (2024). Penggunaan teknologi dalam pembelajaran PAK pasca pandemi. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, *5*(1), 101–124.
Ibnu, R. (2020). Peranan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan dunia pendidikan. Jurnal Warta Edisi, 53, 1–14.
Kurniawan, B. (2021). Studi analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156–162.
Lailan, A. (2024). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3257–3262. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115
Luh, N., Indrawathi, P., Citra, P., Dewi, P., Luh, N., & Widiantari, G. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kuta Selatan. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 239–247.
Lukad, V., & Sutrisno, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111–120.
Nadeak, T. (2025). Pengembangan potensi peserta didik oleh guru pendidikan agama Kristen pada pembelajaran pendidikan agama Kristen di SMA Negeri 1 Siempat Nempu Hulu. Jurnal Pendidikan Iman Kristen, 2(2), 13–27.
Nurfadillah, S., & Azhar, C. R. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri Pinang 1. Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(April), 153–163.
Putri, I. R. (2023). Media pembelajaran berbasis teknologi. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–3.
Resti. (2024). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi literasi digital siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(3), 1145–1157. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3563
Rohmatul Ummayah, I. (2021). Model pembelajaran berbasis teknologi. Jurnal Muhammadiyah Sidoarjo, 10(2), 1–15.
Samosir, C. M., & Boiliu, F. M. (2021). Pembelajaran pendidikan agama Kristen berbasis daring di masa pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 2592–2600. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1257
Sidabutar, H., & Munthe, H. P. (2022). Artificial intelligence dan implikasinya terhadap tujuan. Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 2(2), 76–90.
Sinaga, J., Sagala, R. W., Ferinia, R., & Hutagalung, S. (2021). Peran fundamental gembala bagi guru saat pandemik dalam pembelajaran online berbasis karakter: Tantangan dan sistem pendukung. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 2(1), 13–35. https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.61
Siregar, H. T. (2024). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dalam pembelajaran PAI. Jurnal Ilmu Tarbitan dan Keguruan, 2(2), 215–226.
Siswanto, J. H. (2023). Blended-learning tipe flipped classroom di era digital (Studi alternatif model pembelajaran pendidikan agama Kristen bagi siswa kelas 4-6 di SDN 14 Berakak Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat). Jurnal Kadesi, 5, 69–82.
Tius, R., & Margareta, E. (2021). Strategi pemasaran sekolah dalam peningkatan minat peserta didik berdasarkan delta model. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1–14.
Tobeli, E. (2023). Pengaruh kreativitas pendidik dalam pembelajaran daring terhadap motivasi belajar mahasiswa prodi pendidikan agama Kristen (PAK) UKRIM di masa pandemi COVID-19. Journal Ukrim, 14(1), 72–100.
Wahidin. (2024). Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(1), 13–26.
Waruwu, Y. (2023). Efektivitas metode pembelajaran menggunakan TIK dalam. Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama, 1(1), 27–36.
Yuliza, S. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di MTs Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 33–48.