Pengaruh Literasi Zakat dan Kepercayaan Muzakki terhadap Keputusan Membayar Zakat di Baznas Kabupaten Tanjung Jabung Barat
Studi pada Masyarakat Kecamatan Tungkal Ilir
DOI:
https://doi.org/10.61132/akhlak.v2i2.665Keywords:
Zakat Literacy, Muzakki Beliefs, DecisionsAbstract
A decision is something that motivates someone to do something they want to do and it is influenced by their habits and personality. Decisions are influenced by two factors, including knowledge (literacy) and trust (belief). This research aims to determine the influence of zakat literacy and muzakki beliefs on the muzakki's decision to pay zakat in Baznas, West Tanjung Jabung Regency (study in the community of Tungkal Ilir District). The method in this research is quantitative research. The samples were taken using nonprobability techniques. The analysis used is multiple linear regression with the SPSS 27 program. The research results show that zakat literacy (X1) partially has a positive and significant effect on decisions (Y), muzakki trust (X2) partially has a positive and significant effect on decisions (Y). Meanwhile, simultaneously zakat literacy and muzakki beliefs have a positive and significant influence on muzakki's decision to pay zakat in Baznas, West Tanjung Jabung Regency (study of the Tungkal Ilir District community).
References
Agama RI, Departemen. (2005). Al-Quran dan terjemahannya. PT. Syaamil Cipta Media.
Agama RI, Departemen. (2009). Al-Quran dan terjemahannya. PT. Sygma Examedia Arkanleema.
Aziz, M. A. (2019). Analisis pemikiran Abu Hanifah dan Wahbah Zuhaili tentang kewajiban zakat bagi anak kecil yang berpenghasilan (Skripsi, Universitas Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung).
Baznas Kab. Tanjung Jabung Barat. (2022). Rencana strategis tahun 2022-2027. Tanjab Barat.
BAZNAS Kab. Tanjung Jabung Barat. (2024, May 23). Profil Baznas Kab. Tanjung Jabung Barat Periode 2021-2026. https://kabtanjabbar.baznas.go.id.
Dimyati, U. I. (2022). Analisis pengukuran indeks literasi zakat (ILZ) masyarakat desa Sungai Sirih terhadap zakat hasil perkebunan kelapa sawit (Skripsi, Universitas Islam Indonesia).
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1).
Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, C. (2020). Mahir menguasai SPSS new edition: Panduan praktis mengolah data penelitian. Deepublish.
Hafidhuddin, D. (2002). Zakat dalam perekonomian modern. Gema Insani.
Hafsah, S. F. (2021). Pengaruh tingkat kepercayaan dan pengetahuan terhadap minat muzakki dalam mengeluarkan dana zakat pada Lazismu Kota Medan. Jurnal Riset Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Harahap, J. S., Soemitra, A., & Nawawi, Z. M. (2022). Analisis faktor-faktor determinan keengganan muzakki membayar zakat ke Badan Amil Zakat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Syariah, 8(1).
Harahap, R. A. (2018). Fungsi zakat sebagai instrumen pemberdayaan ekonomi umat di Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Al-Muamalat Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, III(01).
Haryadi, S., & Winda, J. (2011). SPSS vs LISREL: Sebuah pengantar aplikasi untuk riset. Penerbit Salemba Empat.
Irwanda, M. L. (2023). Pengaruh pengetahuan, kepercayaan, dan pelayanan terhadap minat muzakki membayar zakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh (Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh).
Kambuaya, C. (2020). Pengaruh motivasi, minat, kedisiplinan, dan adaptasi diri terhadap prestasi belajar siswa peserta program afirmasi pendidikan menengah asal Papua dan Papua Barat di Kota Bandung. Social Work Jurnal, 5(2).
Kanji, L., et al. (2011). Faktor-faktor determinan motivasi membayar zakat (Skripsi, Universitas Hasanudin).
Khalilullah. (2023). Analisis literasi zakat di Aceh (Tesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh).
Ma’sumah, S. (2019). Kumpulan cara analisis data beserta contoh judul hipotesis penelitian. CV. Rizquna.
Mardalis. (2003). Metode penelitian: Suatu pendekatan proposal. Bumi Aksara.
Muhammad, H. (2024, May 5). Undang-undang tentang pengelolaan zakat. https://ntb.kemenag.go.id/baca/1593652800/undang-undang-tentang-pengelolaan-zakat.
Mutmainnah, I. (2020). Fikih zakat. Dirah.
Nafi’ah, M., et al. (2023). Pengaruh literasi zakat terhadap minat muzakki membayar zakat pada Baznas Tulungagung dengan tingkat kesadaran dan religiusitas sebagai variabel intervening. Jurnal Riset Ekonomi, 3(1).
Nengsih, T. A. (2024). Financial modelling of metal and mineral mining companies in Indonesia using Altman Z-scores. Shirkah: Journal of Economic and Business, 9(2).
Nengsih, T. A., & Arisha, B. (2024). Applied model vehicle sharing system with modified model passive regulation lower bound for mobility improvement. AIP Conference Proceedings, 3024(1).
Nengsih, T. A., Abduh, M., Ladini, U., & Mubarak, F. (2023). The impact of Islamic financial development, GDP, and population on environmental quality in Indonesia. International Journal of Energy Economics and Policy, 13(1), 7.
Nengsih, T. A., Arisha, B., & Safitri, Y. (2022). Statistika deskriptif dengan program R. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Nengsih, T. A., Bertrand, F., Maumy-Bertrand, M., & Meyer, N. (2019). Determining the number of components in PLS regression on incomplete data set. Statistical Applications in Genetics and Molecular Biology, 18(6).
Nengsih, T. A., Hamzah, M. M., & Olida, A. (2021). Analisis minat menabung masyarakat di Bank Syariah Indonesia: Studi empiris Desa Pelawan Jaya. Al-Mashrafiyah, 5(2).
Nengsih, T. A., Mubyarto, N., & Dani, R. (2023). The effect of risk-based bank rating on profit growth of Sharia national pension saving bank. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(2).
Nengsih, T. A., Mubyarto, N., & Dani, R. (2024). Risk profile and profitability on Mudharabah financing at Bank Muamalat, is there any relation? Bukhori: Kajian Ekonomi dan Keuangan Islam, 3(2).
Nengsih, T. A., Nofrianto, & Rosmanidar, E. (2021). Corporate social responsibility on image and trust of Bank Syariah Mandiri. Al Iqtishad, 13(1).
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi penelitian sosial. Media Sahabat Cendekia.
Papundu, T. (2006). Metodologi riset bisnis. PT. Bumi Aksara.
Pertiwi, I. S. M. (2020). Pengaruh tingkat pendapatan, literasi zakat, dan kepercayaan terhadap minat masyarakat dalam membayar zakat pada Baznas Provinsi Lampung. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 8(1).
Rahmah. (2019). Analisis pengaruh kepercayaan terhadap minat masyarakat dalam membayar zakat pada lembaga Baitul Mal Bireuen (Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Uin Ar-Raniry, Banda Aceh).
Ridla, H. N., & Hanifah, N. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan, citra lembaga dan religiusitas terhadap minat muzakki untuk menyalurkan zakat profesi. Jurnal MD, 1(2).
Romdhoni, A. H. (2017). Zakat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Syariah, 03(1).
Rosalinda, M., Abdulla, F., & Fadli. (2021). Pengaruh pengetahuan zakat, pendapatan, dan kepercayaan muzakki terhadap minat pelaku UMKM untuk membayar zakat niaga di organisasi pengelola zakat Kota Bengkulu. Jurnal Akuntansi, 11(1).
Rosdiana, R. (2019). Pengaruh konsumen terhadap minat beli produk pakaian secara online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1).
Sugiyono. (2007). Statistika untuk penelitian bisnis. Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2022). Alfabeta.
Sujarweni, W. (2019). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi pendekatan kuantitatif. PT. Pustaka Baru.
Suliyanto. (2009). Metode riset bisnis. Penerbit Andi.
Sunyonto, D. (2013). Metodologi penelitian akuntansi. Refika Aditama.
Supriyadi. (2024, May 18). Sekilas penjelasan atau pengertian amanah dalam Islam. http://blog.amanahsistem.com/2012/04/sekilaspenjelasanataupengertian.html.
Suryani, & Herdryadi. (2015). Metode riset kuantitatif. Kencana.
Tae, B. E., & Bessie, J. L. D. (2021). Pengaruh gaya hidup dan kelompok referensi terhadap minat membeli ulang (repurchase intention). Transformatif, 10(1).
Tasmara, T. (2002). Membudayakan etos kerja Islami. Gema Insani.
Wibowo. (2016). Manajemen perubahan. Rajagrafindo Persada.
Wijaksana, F. M., & Zulfikar, J. (2020). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, fitur layanan dan kepercayaan terhadap tingkat kepuasan pelanggan LinkAja di Indonesia. Ecodemica, 4(2).
Zulfikar, J., et al. (2021). Pendampingan manajemen Baznas dalam penghimpunan dana dan pendistribusian dana zakat. Dimasejati, 3(2).