Pendidikan Agama Kristen Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Menyimpang pada Remaja

Authors

  • Nofita R. Asbanu Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Claudina M. Freitas Belo Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Salomi Poko Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Andrian W. Syahputra Institut Agama Kristen Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.61132/nubuat.v2i2.897

Keywords:

Christian Religious Education, Deviant Behavior, Adolescents, Character, Collaboration

Abstract

This study discusses the role of Christian Religious Education (PAK) in preventing deviant behavior in adolescents. Adolescence is a critical phase marked by changes in identity and environmental influences. Without proper guidance, adolescents are vulnerable to deviant behavior such as brawls, drug abuse, and free sex. With the increasing use of social media, ethical values ​​are often neglected, so relevant education becomes very important. Through a contextual approach, PAK is expected to shape the character and morals of adolescents. However, the effectiveness of PAK is often hampered by rigid teaching methods and a lack of collaboration between families, schools, and churches. This study uses a descriptive qualitative method with literature analysis to explore the challenges and opportunities in implementing PAK. The results show that PAK has great potential in shaping the character of adolescents, but requires innovation and synergy from all related parties. Collaboration between families, schools, and churches is important to create an environment that supports the spiritual and moral growth of adolescents.

References

Akhtar. (2019). Pengaruh media sosial terhadap perkembangan moral remaja. Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 115–128.

Aritonang. (2024). Peranan pendidikan agama Kristen dalam membentuk karakter remaja dan pemuda yang bertanggung jawab di masyarakat. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 3(2), 1–23.

Ate, T. (2025). Menyikapi tantangan pendidikan agama Kristen bagi generasi muda di era digital. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 3, 23–31.

Bertina, N. (2017). Inovasi pembelajaran pendidikan agama Kristen untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 2(4), 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB%202.pdf

Boiliu, E. R., Kia, A. D., Tinggi, S., Sangkakala, T., Jl, A., Slatiga, R., Km, K., & Tengah, J. (2025). Pendidikan Kristen responsif disrupsi: Integrasi nilai Kristiani dalam transformasi pendidikan abad ke-21. Universitas Kristen Indonesia, 56–73.

Gea, E., Waruwu, A. T. M., Novalina, M., & Rohy, A. R. W. (2023). Peran gereja dalam membentuk karakter remaja Kristen di era kontemporer. Sabda: Jurnal Teologi Kristen, 4(2), 133–148. https://doi.org/10.55097/sabda.v4i2.89

Gultom, E., Pasaribu, A. G., Sarjana, P., Agama, I., Negeri, K., & Tarutung, I. (2025). Desain kurikulum dan perencanaan pengembangan pendidikan agama Kristen menurut pendekatan kurikulum Bobbitt dan Charters dalam pembentukan iman jemaat di HKBP Pearaja Tarutung.

Gustian, Y. T., Rahmat, Z. H., & Gusmaneli, G. (2025). Peran strategi pembelajaran reflektif dalam menumbuhkan kesadaran religius siswa.

Halawa, C., Hestiningrum, P. N., & Iswahyudi, I. (2021). Peran guru pendidikan agama Kristen dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah. Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 2(2), 133–145. https://doi.org/10.55076/didache.v2i2.44

Handriyanto, H., Adha, M. M., & Mentari, A. (2022). Pengaruh literasi digital terhadap moralitas peserta didik. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 59–67. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i2.6751

Hutagalung, S., Noyita, E., Laowo, R. C., Lelo, S., Hutasoit, G. L., Nainggolan, D. E., Simamora, D. A., Mungkur, D., & Naibaho, E. A. (2024). Strategi orang tua dalam mendidik anak berdasarkan nilai-nilai Kristiani. Devotion: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 55–65. https://doi.org/10.62282/devotion.v1i1.55-65

Ilat, I. P., & Martoyo, M. D. (2024). Sinergitas orang tua, guru, dan pelayan gereja dalam proses perkembangan moral remaja di era disrupsi. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 1(1), 11–21.

Imeldawati, T., Panjaitan, B., & Sihombing, W. F. (2022). Pendidikan agama Kristen di masa lalu, masa kini dan pada perspektif masa depan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 13605.

Istiqomah. (2017). Penggunaan media sosial dengan tingkat agresivitas remaja. Jurnal Insight Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember, 13(2), 96–112.

Kainara, S. D., Widiono, G., Zai, L. S., & Marampa, E. R. (2023). Kreativitas menggunakan multimedia interaktif dalam meningkatkan minat belajar pendidikan agama Kristen. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 4(2), 130–138. https://doi.org/10.52220/sikip.v4i2.154

Kasingku, J. D., Hubert, A., & Sanger, F. (2023). Pergaulan bebas di remaja. Educatio, 9(4), 2114–2122. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6061

Lestari, P. R., & Sitindaon, R. H. (2025). Peran orang tua dalam menerapkan pendidikan agama Kristen untuk pembentukan karakter remaja GPIN Bukit Asam di era digital society.

Loho. (2020). Peran pak keluarga dalam menghadapi perilaku menyimpang remaja di Jemaat GMIM Yudea Paal Dua Kota Manado. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 6(November), 1134–1139.

Maifianti, K. S., Hidayati, R., Mauliansyah, F., Barat, B. A., & Sosial, M. (2021). Literasi digital dan etika bermedia sosial. Jurnal Komunikasi Digital, 2(2), 301–305.

Manalu, H. (2022). Pentingnya pembinaan gereja bagi remaja. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 1(4), 469–481. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/107/105

Manik. (2025). Peran pendidikan agama Kristen dalam membangun iman remaja. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 13(1), 104–116.

Manurung, H. B., & Hindradjat, J. (2025). Teologi kasih dalam konseling pastoral. Jurnal Teologi dan Konseling Kristen, 2(1), 44–55.

Massang, B., Manoppo, F. K., & Makawimbang, J. (2022). Belajar dari pandemi: Model pembelajaran pendidikan agama Kristen di sekolah pasca pandemi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4423–4428. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2929

Mewet, R. (2025). Spiritualitas dalam kurikulum untuk menciptakan lingkungan belajar yang memupuk iman dan pengetahuan. https://doi.org/10.63536/imitatiochri

Mujizatullah, M. (2016). Inovasi pembelajaran agama Kristen di SMA Oikumene Kendari. Al-Qalam, 21(2), 361. https://doi.org/10.31969/alq.v21i2.236

Naibaho, P. (2023). Keteladanan guru PAK dalam pembentukan spiritual peserta didik. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 1–19.

Nainggolan, R., Munthe, B., & Silalahi, J. (2023). Peran guru pendidikan agama Kristen dalam mengatasi disruptive behaviors terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta HKBP. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(3), 96–102. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Napitupulu. (2023a). Guru PAK dalam membangun spiritualitas peserta didik. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 1–19.

Napitupulu. (2023b). Metode PAK dalam pertumbuhan rohani remaja Kristen. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 1–19.

Nggebu, S. (2022). Guru agama Kristen sebagai teolog praktika garis depan bagi siswa. Didache: Journal of Christian Education, 3(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v3i1.495

Nofriana Baun, M., Djawa, M., Kristinningati, D., & Afi, O. L. (2024). Kontribusi orang tua dalam mengimplementasikan nilai-nilai Kristiani dalam keluarga di Jemaat Moria Nitus Klasis Kuanfau, Kecamatan Kuanfatu, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Pietas: Jurnal Studi Agama dan Lintas Budaya, 1(2), 170–178. https://doi.org/10.62282/pj.v1i2.170-178

Rahangmetan, R., dkk. (2024). Kolaborasi peran orang tua dan guru pendidikan agama Kristen dalam penguatan karakter Kristiani pada siswa di SMP Kristen Dumoga. Tumou Tou Jurnal Ilmiah, 11(1), 48–55.

Sagala, K., & Rusmanto, A. (2023). Philoxenia: Jurnal teologi dan pendidikan Kristiani. Philoxenia, 1(2), 34–40.

Saingo. (2023). Internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui pembelajaran pendidikan agama Kristen di SD Inpres Lil. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 3(1), 1–14.

Sarajar, S. (2020). Hubungan intensitas penggunaan media sosial dengan perilaku agresif verbal pada remaja. Jurnal Ilmiah Bening, 8, 91–102. http://dx.doi.org/10.36709/bening

Siallagan, T. (2021). Sinergi keluarga, sekolah, dan gereja menjadikan keluarga sebagai pusat pendidikan agama Kristen di masa pandemi. Jurnal Exelsis Deo, 5(1).

Downloads

Published

2025-05-24

How to Cite

Nofita R. Asbanu, Claudina M. Freitas Belo, Salomi Poko, & Andrian W. Syahputra. (2025). Pendidikan Agama Kristen Sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Menyimpang pada Remaja. Nubuat : Jurnal Pendidikan Agama Kristen Dan Katolik, 2(2), 12–22. https://doi.org/10.61132/nubuat.v2i2.897

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.