Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pendidikan Agama Kristen untuk Pembentukan Karakter Remaja GPIN Bukit Asam di Era Digital Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.61132/anugerah.v2i2.733Keywords:
Role, Parents, Christian, Education, AdolescentsAbstract
In the era of Digital Society 5.0, the development of information and communication technology has had a significant impact on daily life, including in the field of education. Christian education has become an important component in the character formation of adolescents, particularly within the youth fellowship of the Evangelical Protestant Church in the Archipelago (GPIN) Bukit Asam. Parents play a central role in teaching religious values to their children, which will shape their character and morality amid the challenges of the digital era. This research will discuss how parents teach and implement Christian education for the character formation of adolescents at GPIN Bukit Asam, as well as the challenges and strategies faced in the digital context. The findings of this study contribute to understanding the role of parents in applying Christian education for the character formation of GPIN Bukit Asam adolescents in the 5.0 era.
References
Agustin Wulandari, T. (2018). Pengertian teknologi informasi dan komunikasi.
Bohang, F. K. (2018, February 22). Berapa jumlah pengguna internet Indonesia? Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berapa jumlah pengguna internet Indonesia?". Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2018/02/22/16453177/berapa-jumlah-pengguna-internet-indonesia?page=all#page2
Effendy, M. (2018). Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2018. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/muspres/hari-pendidikan-nasional-2-mei-2018/
Gainau, M. B. (2015). Perkembangan remaja dan problematikanya. Yogyakarta: PT Kanisius.
Gibbs, J. J., & Goldbach, J. (2015). Religious conflict, sexual identity, and suicidal behaviors among LGBT young adults. Archives of Suicide Research, 19(4), 472–488. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/13811118.2015.1004476
Gulo, M., Sijabat, P. M., Yuniarti, Y., & Tafonao, T. (2022). Kontribusi orangtua dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan agama Kristen di keluarga. TELEIOS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 2(2), 124–134.
Hermanto, Y. P., et al. (2021). Tanggung jawab orang tua dalam menumbuhkan kerohanian anak berdasarkan prinsip Alkitab. Mathetheou Available, 1(1), 37.
Hidayat, W. (2014, June 20). Pengguna internet Indonesia nomor enam dunia. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. https://www.kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_media
Hutabarat, C., & Kurnia Putrawan, B. (2021). Pengantar pola asuh orang tua dalam keluarga Kristen. PNEUMATIKOS: Jurnal Teologi Kependetaan, 11(2), 84–94. https://stapin.ac.id/e-journal/index.php/pneumatikos/article/view/28
Kadarmanto, M. (2018). Mandat profetik pendidikan Kristen di era revolusi industri 4.0. STULOS: Jurnal Teologi, 16(2), 161. http://www.sttb.ac.id/download/stulos/stulos-v16-no02/Stulos-Vol16-No-2-Mandat Profetik Pendidikan Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0
Karo-Karo, E. P., Gulo, S., & Zega. (2021). Sikap takut akan Tuhan kelas X: Hubungan hasil belajar pendidikan agama Kristen dengan sikap takut akan Tuhan kelas X SMK T.D. Pardede Foundation Tahun 2020. 3, 1–9.
Kimbal, S. dkk. (2021). Internalisasi pendidikan Kristiani dalam keluarga. Wahana Pendidikan, 7(6), 119.
Kuncoro, J., et al. (2022). Peningkatan soft skill melalui kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Proyeksi, 17(1), 112–126.
Leungchopan. (n.d.). From Industry 4.0 to Society 5.0: The big societal transformation plan of Japan.
Meilani, M., & Fernando, A. (2022). Pendidikan agama Kristen dalam keluarga di era digital: Membangun remaja bijak menggunakan media sosial. Veritas Lux Mea: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 4(2), 194–203.
Meinanto, Putrawan, & Simangunsong. (n.d.). Degradasi moral generasi Z: Suatu tinjauan etis teologis terhadap penggunaan internet.
Napitupulu, T. N., & Deak, V. (2022). Peran pendidikan agama Kristen dalam pendidikan moral remaja. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(3), 627-640.
Nenosono, Y. I., & Subagio, S. (2021). Kuasa mengucap syukur dalam segala hal menurut 1 Tesalonika 5:16-18 diaplikasikan dalam kehidupan jemaat di masa pandemi. FILADELFIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(2), 106–129.
RS, A., Rantung, D. A., & Naibaho, L. (2023). Integrasi teknologi dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen (PAK) sebagai peluang dan tantangan di era digital. Journal on Education, 6(1), 7607-7613.
Saputro, J., Missa, A., & Sitinjak, A. P. (2022). Memetakan tantangan pendidikan Kristiani bagi remaja menghadapi gaya hidup era Society 5.0. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 7(2), 222–236.
Sitorus, P., & Hendriks, A. C. (2024). Peran keterlibatan orang tua dalam membentuk perilaku anak melalui kegiatan sekolah sabat kelas kindergarten di Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Jemaat Kedaton. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(7), 13–26.
Stevanus, K., & Macarau, V. V. V. (2021). Peran pendidikan agama Kristen dalam keluarga terhadap pembentukan karakter remaja di era 4.0. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 117–130. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdpDOI:https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2
Stevanus, K., & Macarau, V. V. V. (2021). Peran pendidikan agama Kristen dalam keluarga terhadap pembentukan karakter remaja di era 4.0. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 117–130.
Suhendra, Y., & Embong Bulan, S. (2021). Kasih Allah akan dunia ini: Panggilan umat Kristen untuk mengasihi Indonesia. QUAERENS: Journal of Theology and Christianity Studies, 3(1), 51–71. https://jurnal.widyaagape.ac.id/index.php/quaerens/article/view/34
Tafonao, T., Gulo, T. M., Sijabat, P. M., Yuniarti, Y. (2022). Kontribusi orangtua dalam mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan agama Kristen di keluarga. TELEIOS, 2.
Tanasyah, Y., et al. (2021). Dampak strategi pembelajaran lewat visualisasi dalam pendidikan agama Kristen di era masyarakat 5.0. VISIO DEI: JURNAL TEOLOGI KRISTEN, 3(2), 281–303. https://jurnal.sttstarslub.ac.id/index.php/js/article/view/226
Teknowijoyo, F., & Marpelina, L. (2022). Relevansi industri 4.0 dan society 5.0 terhadap pendidikan di Indonesia. Educatio, 16(2), 173–184.
Viery, A., Fuady, B., Musthofa, F., Rahmadian Putra, R., & Srirahayu, A. (2024). Peran sistem informasi manajemen dalam transformasi digital bisnis.
Wagiu, N. P. (2020). Implementasi peran orang tua menurut Ulangan 6:4-9 dalam pendidikan agama Kristen keluarga di Gereja Masehi Injili di Minahasa Jemaat Imanuel Aertembaga Bitung. Jurnal Shanan, 4(2), 128–161.
Waruwu, & Waruwu. (n.d.). Peran guru pendidikan agama Kristen terhadap pengaruh gadget bagi perkembangan moral peserta didik.
Yacub, Y., Sutrisno, S., & Putrawan, B. K. (2022). The ethics of effective communication in Christian families with A-CORE principles. International Journal of Social Science Research and Review, 5(4), 106–115. https://ijssrr.com/journal/article/view/233
Zega, Y. K. (2021). Pendidikan agama Kristen dalam keluarga: Upaya membangun spiritualitas remaja generasi Z. Jurnal Luxnos, 7(1), 108.
Zen, E., & Hermanto, Y. P. (2021). Membangun iman anak melalui keteladanan orang tua ditinjau dari perspektif Alkitab dan perkembangan anak. Davar: Jurnal Teologi, 2(1), 31.