Kontribusi Pendidikan Agama Kristen dalam Memperkokoh Iman Kristen di Tengah Pluralisme Agama
DOI:
https://doi.org/10.61132/anugerah.v1i4.197Keywords:
Plurism, PAK, faith, characterAbstract
Religious pluralism in Indonesia requires every religious community to live side by side with different beliefs. In the midst of this situation, Christian Religious Education (PAK) has a strategic role in strengthening the Christian faith, helping people to face the challenges of pluralism with strong understanding and belief. PAK not only teaches religious doctrine, but also shapes Christian character which includes love, forgiveness, truth and tolerance. Through inclusive learning methods, such as Bible study, interreligious dialogue, and character formation, PAK helps Christians understand their faith identity in depth and foster wise and loving attitudes towards followers of other religions. Therefore, PAK contributes to producing Christians who are firm in their beliefs, compassionate, and able to live in harmony in a religious society.
References
Adji1, Diarfi Kareri, dan Feni Krismawati Gea2, “PERAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENANAMKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA DI TENGAH PLURALISME INDONESIA,” Jurnal Excelsior Pendidikan, 5 No. (2024), hal. 153
Antonius lauli, Sandra Rosiana Tapilaha, Tresa Marbun., “Dampak Pendidikan Dalam Bingkai Moderasi Beragama Ditinjau Dari Perspektif Agama Kristen,” Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 19 (2023), hal. 198
Baginda Sitompul, Lasria Marenta Pasaribu, Heike Alva Riana Rambe, Juliana Pakpahan, Juni Berliana Pane., “PERAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KONTEKSTUAL : MEMBANGUN TOLERANSI BERAGAMA DI TENGAH MASYARAKAT PLURALISMEBaginda,” Pendidikan Sosial dan Humaniora, 3 (2024), hal. 1626
Bagus Mustakim, Pendidikan Karakter: Membangun Delapan Karakter Emas Menuju Indonesia., ed. oleh kasyadi (PT samudra biru, 2011)
Darmawan, I Putu Ayub, dan Mardin John Ungaran, “Pendidikan dalam Gereja Sebagai Bentuk Partisipasi Kristen dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.,” Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 1 (2023), hal. 51
Djoys Annake Rantung, “Pendidikan Pluralisme Dalam Kurikulum Dan Metode Pembelajaran PAK Bagi Anak Sekolah Minggu” (universitas kristen indonesia, 2016)
I Putu Ayub Darmawan1, John Mardin2, Urbanus3, “Pendidikan dalam Gereja Sebagai Bentuk Partisipasi Kristen dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.,” Proceeding National Confrence of Christian Education and Theology, 1 (2023), hal. 59
Jefrit Johanis Messakh?, Esti Regina Boiliu, Djoys Anneke Rantung, Lamhot Naibaho, “Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Membangun Moderasi Beragama di Era 5.0,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (2023), hal. 1
Jura, Demsy, Pendidikan Agama Kristen, dan Teologi Religionum, “Pendahuluan Manusia adalah mahluk hidup yang memiliki kemampuan untuk mengenal hal yang berifat religius . Keadaan ini membuat ia menjadi mahluk yang berkemampuan memahami Tuhan dengan segala aspek-aspek ilahi yang ada Itulah sebabnya ketika Mircea Eliade,” pendidikan Agama Kristen, 2.no.1 (2018), hal. 57
kristianus Bayu Pranata, Nehemia Nome ., “pendidikan agama kristen sebagai agen restorasi pendidikan dalam mewujudkan kehidupan beragama yang harmonis di sekolah-sekolah,” jurnal filsafat dan teologi katolik, 6 (2023), hal. 47–48
lince ului, “inovasi dalam penilaian pendidikan agama kristen dalam mendorong kreativitas dan pemahaman mendalam,” jurnal of international Multidiscipnary Resecarch, 1 (2023), hal. 115
Mario, Marcellus, dan Stephen Sanjaya, “Peran Guru Agama Kristen Dalam Semangat Belajar,” 6.1 (2023), hal. 124–29
Prasetyo1, Louis Budi, Stefanus Dully2, Didit Yuliantono Adi3, dan Christian Sasiang4, “TEOLOGI KONTEMPORER DAN TANTANGAN PLURALISME: STUDI KRITIS ATAS INTEGRASI NILAI-NILAI AGAMA KRISTEN DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL,” DIDASKO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 4.123 (2024)
Rantung, djoys anneke, Pendidikan agama kristen dalam kehidupan masyarakat majemuk (lintas rasi aksara Books, 2017)
Rina Poibe Panjaitan1*, Ricky Pramono Hasibuan2, “Konteks Pendidikan Agama Kristen: Pluralisme Ditinjau Dari Sosio Keagamaan,” JURNAL PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN, TEOLOGI & KONSELING, 1 (2024), hal. 1
Roike Roudjer Kowal, “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) DALAM MASYARAKAT MAJEMUK,” jurnal Teologi Biblika dan Praktika, 3 (2017), hal. 78
Rona Ganta Barus, 1 Khatrina Rintis Lintang Rahayu, 2 Ester Agustini Tandana, 3, dan 4 Darmadi5 . Liantoro, “Peran Pendidikan Agama Kristen Melawan Diskriminasi Di Masyarakat Majemuk Indonesia,” Journal of Religious., 5 (2022), hal. 93–94
Waruwu, Christien Sekar Mawarni, Sri Ulina Karokaro, Aris Katanga Mbuha Jarang, dan Herles Babawat, “Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk: Membangun Kepemimpinan Dan Nilai-Nilai Kristen,” Inculco Journal of Christian Education, 4.2 (2024), hal. 123–38, doi:10.59404/ijce.v4i2.185