Menakar Keefektifan Tes: Prinsip-Prinsip Kunci dalam Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran

Authors

  • Zia Achmalia Adela Universitas Singaperbangsa Karawang
  •  Yusriya Ni’matul ‘Izzah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Zahra Nuriyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Akil Akil Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Azis Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.61132/hidayah.v2i2.932

Keywords:

Development Principles, Learning Evaluation, Tes Instrument

Abstract

Various studies show that learning evaluation instruments in the field still dominantly emphasize memorization aspects and do not fully measure students' higher-level thinking skills. The mismatch between learning objectives and evaluation instruments has an impact on the low validity of learning outcomes. This research aims to identify fundamental principles in the development of test-based evaluation instruments and assess their effectiveness in representing learning outcomes. This research adopts qualitative method with descriptive-analytical research type and uses literature review technique. Data were collected through documentation study of national journal articles, textbooks, and relevant digital documents. The technique applied to analyze the data was content analysis. The findings of this study indicate that an effective evaluation instrument must fulfill the principles of validity, reliability, objectivity, and practicality, and be supported by the principles of integration, pedagogical value, accountability, and continuity. Instruments built based on these principles not only act as instruments for measuring cognitive achievement, but also as reflection tools that encourage the spirit of learning and continuous improvement of teaching.

 

References

Agustin, A. K. (2010). Prinsip-prinsip penilaian.

Arifin. (2009). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Arikunto. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arjuna, I., & Lutfiah. (2022). Penerapan prinsip-prinsip evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Jurnal PAI Raden Fatah, 275.

Ashaari, T., Irawan, D., & Vientiany, D. (2024). Objek pajak asuransi dan non pajak asuransi studi kasus: Asuransi properti komersial perusahaan: PT Ritel Sukses. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen, 2(7), 264-275. https://doi.org/10.35814/tourism.v8i2.1827.

Asrul. (2022). Evaluasi pembelajaran mukhtar.

Dachliyani. (2019). Instrumen yang sahih: Sebagai alat ukur keberhasilan suatu evaluasi program diklat (evaluasi pembelajaran). E-Journal Perpustakaan Nasional: Majalah Biola Pustaka, 59.

Daryanto. (2010). Evaluasi pendidikan (Cet. 6). Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, M., Utami, R. Z., Aisyah, S., & Vientiany, D. (2024). Analisis perhitungan dan penerapan pajak penghasilan pasal 21 serta pelaporannya. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(4), 105-116.

Eka Yunita. (2023). Bersatu: Pendidikan Bhineka Tunggal Ika, 1, 226.

Eka, Y. (2023). Penilaian dan pengukuran hasil belajar pada peserta didik berbasis analisis. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhineka Tunggal Ika, 227–228.

Haryanti, D., Budi, N., Helly, L., Arsitektur, J., Sipil, T., & Perencanaan, D. (n.d.). Keterpaduan fungsional pada perancangan convention dan expo center di Surakarta dengan pendekatan arsitektur. Symbiotic Architectural Approach. https://doi.org/10.25105/jrltb.v2i1.19439

Hasanah, & Himami. (2021). Model pembelajaran kooperatif. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 2.

Hignasari, & Diputra. (2021). Pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis pada jenjang pendidikan tinggi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 723.

Ina Magdalena. (2021). Analisis instrumen tes sebagai alat evaluasi pada mata pelajaran SBdP siswa kelas II SDN Duri Kosambi 06 Pagi. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 276.

Mustafa, & Masgumelar. (2022). Kajian review: Pengembangan instrumen penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam pendidikan jasmani dan olahraga. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 33.

Muttaqin, & Kusaeri. (2017). Pengembangan instrumen penilaian tes tertulis bentuk uraian untuk pembelajaran PAI berbasis masalah materi fiqh. Jurnal Tatsqif, 1.

Nuryani, A., Ropikoh, R., & Aziz, A. (2024). Evaluasi hasil belajar dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 2(1).

Rahman, A. A., Pd Cut, M., Nasryah, E., & Pd, M. (n.d.). Evaluasi pembelajaran. www.penerbituwais.com

Ramatni. (2023). Proses pembelajaran dan asesmen yang efektif. Journal on Education.

Ropii, & Fahrurrozi. (2017). Evaluasi hasil belajar. Selong: Universitas Hamzanwadi Press.

Safaruddin. (2015). Prinsip-prinsip evaluasi.

Sunaryati, T., Salma Azzahra, S., Khasanah, F. N., Dewi, N., & Komariyah, S. (n.d.). Analisis instrumen tes sebagai alat evaluasi pada pembelajaran di sekolah dasar. Analysis of Test Instruments as an Evaluation Tool in Learning in Elementary Schools. https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i2.23083

Sunaryati. (2024). Analisis instrumen tes dan non-tes dalam evaluasi pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 30464.

Vientiany, D., Wardani, S. S., Ananda, P. D., & Andriyani, E. (2024). Implementation of PPH 21 policy during the pandemic COVID-19: Implementasi kebijakan PPH 21 saat pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(2), 467-479.

Widiana. (2020). Validasi penyusunan instrumen penelitian pendidikan. Depok: PT Raja.

Wisman, Y., Effrata, E., & Tutesa, T. (2021). Penerapan konsep instrumen evaluasi hasil belajar. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i1.105

Yuliani. (2024). Instrumen evaluasi jenis bentuk tes berbasis HOTS pada mata pelajaran pendidikan Islam. Islamic Pedagogy: Jurnal of Islam Education, 6.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Zia Achmalia Adela,  Yusriya Ni’matul ‘Izzah, Zahra Nuriyah, Akil Akil, & Abdul Azis. (2025). Menakar Keefektifan Tes: Prinsip-Prinsip Kunci dalam Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran. Hidayah : Cendekia Pendidikan Islam Dan Hukum Syariah, 2(2), 114–125. https://doi.org/10.61132/hidayah.v2i2.932

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.